Breaking News:

Berita Tegal

Buruh Berharap Mereka Bisa Menerima THR Tepat Waktu, Tanpa Dicicil

Buruh berharap saat pandemi Covid-19, perusahaan dapat memenuhi kewajiban pemberian THR.

TRIBUN JATENG
Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Tegal, Fajar Santoso. 

Penulis: Fajar Burhanudin Achmad

TRIBUNJATENG.COM - Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu para pekerja dan karyawan menjelang perayaan Idulfitri. Mereka berharap saat pandemi Covid-19, perusahaan dapat memenuhi kewajiban pemberian THR.

Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Tegal, Fajar Santoso mengatakan, pihaknya berharap para perusahaan dapat memberikan THR secara penuh sebelum H-7 Idul Fitri. Semua dapat diberikan sebelum, Jumat 7 Mei 2021.

"Kami mengharapkan ada suatu kebijaksanaan bahwa THR tahun ini tidak seperti tahun kemarin, ada yang dicicil," katanya kepada TribunJateng.com, kemarin.

Fajar mengatakan, perusahaan di Kota Tegal yang tahun kemarin tidak membayarkan THR sekira 25 persen. Sementara yang membayarkan dengan cara mencicil sekira 45 persen.
"Kami berharap untuk tahun ini walaupun belum sepenuhnya pulih, THR dapat diberikan secara penuh," ungkapnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, Heru Setyawan mengimbau, para pengusaha dan perusahaan untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) H-7 Peringatan Idul Fitri. Hal itu sesuai surat edaran dari Kementerian Tenaga Kerja.
Heru menjelaskan, kebijakan tahun ini tidak seperti tahun lalu yang memiliki banyak keringanan. Tahun lalu THR masih bisa diberikan melebihi Idul Fitri.

"Perusahaan yang tidak memenuhi pemberian THR sesuai ketentuan, maka bisa dikenakan sanksi administratif," katanya, Senin (3/5).
Sanksi tersebut akan diberikan oleh dinas ketenagakerjaan tingkat provinsi.
Sementara untuk pekerja atau karyawan yang hak THR-nya tidak terpenuhi, bisa melaporkan ke Disnakerin Kota Tegal.

Bisa melalui media sosial ataupun langsung datang ke Kantor Disnakerin di Jalan Hang Tuah Kota Tegal.
"Kalau ada pekerja yang tidak menerima THR sampai H-7 atau besaran THR-nya tidak sesuai ketentuan, silahkan lapor," ungkapnya. (*)

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved