Breaking News:

Berita Semarang

Mendekati Hari Lebaran, Pusat Perbelanjaan Kian Mengalami Peningkatan Kunjungan

Menjelang Lebaran, tingkat kunjungan di pusat perbelanjaan kian mengalami peningkatan. Hal ini pun terjadi pada tingkat kunjungan di Mal Ciputra.

(Tribun Jateng / Ruth Novita Lusiani)
Aktivitas pengunjung di Mal Ciputra Semarang, adapun jelang hari Lebaran, pusat perbelanjaan di Semarang mengalami peningkatan kunjungan.  

Penulis: Ruth Novita Lusiani 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang Lebaran, tingkat kunjungan di pusat perbelanjaan kian mengalami peningkatan. Hal ini pun terjadi pada tingkat kunjungan di Mal Ciputra Semarang. 

Mall Manager Ciputra Semarang, Ani Suyatni mengatakan akhir pekan lalu bebarengan dengan penerimaan tunjangan hari raya (THR) dan gaji, membuat traffic peningkatan pengunjung terlihat.

“Rata-rata kenaikannya 50 persen dari sebelum puasa. Kalau dilihat hampir semua pengunjung yang datang ini memang untuk belanja kebutuhan Lebaran, ada juga yang sekalian berbuka puasa, sebagian besar tenant yang dipenuhi pengunjung adalah fashion dan restoran,” ucap Ani kepada Tribun Jateng, Senin, (3/5/2021). 

Pihaknya berharap kenaikan pengunjung ini sejalan dengan omzet yang diperoleh tenant. 

Ani mengatakan momen jelang Lebaran ini pun dimanfaatkan oleh para tenant untuk menggelar diskon besar-besaran hingga 80 persen. Bahkan tak sedikit branded fashion yang memberikan harga spesial Lebaran

Selain itu, menambah semarak diskon, Mal Ciputra juga menggelar bazaar Lebaran Great Sale di lantai dasar pada tanggal 5 hingga 16 Mei mendatang. Hal ini dilakukan Mal Ciputra untuk membantu para tenant untuk menaikkan omzetnya, setelah setahun lebih terpuruk akibat pandemi. 

Sementara itu, sebagai antisipasi melonjaknya tingkat kunjungan, Mal Ciputra Semarang telah menyiapkan, diantaranya sarana cuci tangan dan hand sanitizer di semua pintu masuk, hingga penambahan personil security untuk mengingatkan 3M kepada pengunjung, dengan cara menempatkan security yang membawa board tulisan yang mengingatkan tentang pemakaian masker dan jaga jarak.

Terkait dengan jam operasional, Mal Ciputra mulai beroperasi pukul 10.00 hingga 22.00 WIB setiap harinya. Ia pun berharap Pemerintah kedepannya tidak membuat kebijakan-kebijakan strategis yang berdampak pada operasional mal, seperti pembatasan jam tutup lebih awal dan penutupan sejumlah ruas jalan.

Peningkatan kunjungan ini juga terjadi di DP Mall Semarang. Head of DP Mall Semarang, Antonius Agus Budiawan mengatakan secara rata-rata tingkat kunjungan di bulan ramadan ini hampir mencapai 50 persen, adapun peningkatan terjadi ketika memasuki pelaksanaan ramadan di minggu ketiga.

“Dibandingkan kondisi awal puasa peningkatan kunjungan dua kali lipat lebih saat ini, karena diawal puasa tingkat kunjungan hanya 15 persen, saat ini sudah hampir rata-rata di angka 50 persen,” tutur Anto. 

Untuk daya beli pengunjung, dikatakan Anto untuk Lebaran ini sudah lebih baik, akan tetapi ia menilai hal ini harus diiringi dengan pemberian berbagai promo yang memikat pengunjung.  

Menurutnya, hampir semua tenant merata tingkat kunjungannya, baik itu fashion, supermarket, maupun F&B, dimana terdapat pengunjung yang membeli baju Lebaran bahkan persiapan untuk mengirim parcel kepada para relasi. 

“Pastinya momen Lebaran 2021 ini sangat diharapkan oleh semua tenant kami, untuk bisa menutupi target-target yang lalu yang belum tercapai. Adapun semua tenant DP Mall saat ini memberikan banyak diskon, baik value buy maupun buy 1 get 1,” jelasnya. 

Anto berharap supaya masyarakat tidak takut untuk berbelanja di mall dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada. (Ute) 

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved