Breaking News:

Berita Karanganyar

Santri Ponpes di Karanganyar Sebagian Besar Sudah Pulang Lebih Awal

Seperti ponpes di wilayah Karangpandan, Gondangrejo dan Colomadu. Santri dari Ponpes itu berasal dari beberapa daerah di Jateng bahkan luar Jawa

TribunJateng.com/Agus Iswadi
Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sebagian besar santri yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) wilayah Kabupaten Karanganyar sudah pulang lebih awal ke tempat asal.

Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso menyampaikan, ponpes yang memiliki santri cukup banyak, sebagian besar telah memulangkan santrinya bahkan sebelum memasuki bulan ramadan.

Seperti ponpes di wilayah Karangpandan, Gondangrejo dan Colomadu. Santri dari Ponpes itu berasal dari beberapa daerah di Jateng bahkan luar Jawa.

Namun berdasarkan informasi yang diterima Wiharso, masih ada satu Ponpes di wilayah Jumapolo yang belum memulangkan santrinya. 

"Kebanyakan sebelum puasa sudah dipulangkan. Rata-rata kembali setelah lebaran sekitar Juni 2021," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (4/5/2021). 

Pihak Kemenag telah meminta data ke Ponpes terkait jumlah santri, asal santri, jadwal kepulangan santri dan kedatangannya.

Dia mencontohkan, semisal PPPA Darul Quran Colomadu yang telah memulangkan 600 santrinya baik putra dan putri pada Minggu (18/4/2021). Mereka dijadwalkan kembali pada awal Juni 2021.

Apabila nantinya para santri hendak kembali ke Ponpes, lanjutnya, pihak pengasuh diminta supaya melaporkan kedatangan para santri baik ke Kemenag maupun ke puskesmas setempat. 

Menurutnya dengan langkah tersebut, kondisi kesehatan para santri dapat dipantau ketika kembali ke Ponpes. Wiharso mengimbau supaya ada surat keterangan sehat meski dari Kemenag tidak mengatur atau menjadikan syarat bagi santri ketika kembali ke pondok.

Dia menjelaskan, dengan adanya surat keterangan sehat itu paling tidak menjadi langkah antisipasi kaitannya dengan protokol kesehatan. 

"Ketika yang bersangkutan (santri) tidak enak badan, tentu pihak pondok sudah tahu bagaimana (penanganannya)," ucapnya. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved