Breaking News:

UKSW Salatiga

UKSW Salatiga Bantu Amankan Stok Darah PMI di Bulan Ramadhan

Ketersediaan stok darah di masa pandemi terlebih pada bulan Ramadhan seperti saat ini tentu sangat terbatas

Editor: abduh imanulhaq
ist
UKSW Bantu Amankan Stok Darah PMI di Bulan Ramadhan 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Genap dua pekan, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga menggelar aksi donor darah di Student Center UKSW.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka menambah stok darah di Kota Salatiga khususnya di masa pandemi Covid-19 dan bulan Ramadhan ini berlangsung sejak Selasa (20/4) hingga Kamis (29/4).

Giner Maslebu, S.Pd, S.Si, M.Si., selaku Kepala Lembaga Layanan Kemahasiswaan (LLK) UKSW sekaligus koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa aksi kemanusiaan ini merupakan wujud komitmen UKSW untuk selalu berada di garda terdepan memperjuangkan kebaikan bagi masyarakat kota Salatiga dan sekitarnya.

Menurutnya pada bulan Ramadhan terlebih pada kondisi pandemi Covid-19 sudah semestinya umat beragama lain memberikan bantuan.

“Ketersediaan stok darah di masa pandemi terlebih pada bulan Ramadhan seperti saat ini tentu sangat terbatas. Kami mengapresiasi warga UKSW dan juga masyarakat umum yang telah berpartisipasi sebagai pendonor karena darah yang kita donorkan menjadi harapan selamat bagi mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Hal ini dibenarkan oleh Maliha, perwakilan pihak PMI yang hadir dalam aksi ini.

Menurutnya aksi donor darah pada bulan Ramadhan sangat besar manfaatnya bagi stok darah di PMI.

Terlebih menurutnya setiap bulan PMI Kota Salatiga membutuhkan seribu kantong darah dengan berbagai golongan.

Dengan berhenti beroperasinya sejumlah pabrik di sekitar Salatiga karena masa pandemi Covid-19, pihaknya mengaku kesulitan mendapatkan stok darah.

“Kami bersyukur masyarakat perkotaan sudah sadar akan pentingnya donor darah. Hal ini sangat membantu kami mengingat stok darah yang ada di PMI Kota Salatiga juga menjadi jujugan bagi klinik-klinik kecil di Kabupaten Semarang, RS Ken Saras hingga RS Telogorejo Semarang. Kedepan akan rutin diadakan di kampus UKSW karena tempatnya juga luas sehingga dapat terhindar dari kerumunan,” jelasnya.

Maliha menambahkan dari aksi donor di UKSW selama dua pekan ini terkumpul 60 kantong darah. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved