Breaking News:

Kapal Selam Baru Rusia Mampu Musnahkan Kota-kota AS

Rusia meluncurkan kapal selam dengan kemampuan nuklir yang dapat memusnahkan kota-kota di AS, sebagai hasil mutakhir dari Kazan.

Editor: Vito
kompas.com
kapal selam Rusia (Dok. Russian Ministry of Defence Via The Sun) 

TRIBUNJATENG.COM, MOSKOW - Rusia meluncurkan kapal selam dengan kemampuan nuklir yang dapat memusnahkan kota-kota di Amerika Serikat (AS), bertajuk 'Yasen-M'. Kapal selam itu adalah hasil mutakhir dari Kazan.

Kazan adalah bagian dari program lama Vladimir Putin untuk memodernisasi angkatan bersenjata Rusia yang terjadi di tengah ketegangan tinggi antara Moskow dan Barat. Kapal Yasen-M itu dilengkapi dengan rudal jelajah Kaliber dan Oniks berkemampuan nuklir.

Upacara penyerahan kapal selam Yasen-M kepada Angkatan Laut, ditargetkan akan berlangsung pada 7 Mei, dengan disertai pengibaran bendera St Andrew, lambang Angkatan Laut Rusia.

Pembukaannya akan dilakukan menjelang parade militer besar-besaran yang menandai berakhirnya Perang Dunia II di Eropa, lapor TASS.

Pengembangan Kazan telah diselimuti kerahasiaan dan pengirimannya berulang kali ditunda, karena masalah yang tidak ditentukan.

Namun, videonya kini muncul, yang menunjukkan Kazan di laut dengan rudal tembakan dari kapal selam saudaranya, Severodvinsk.

Melansir dari The Sun pada Senin (3/5), kepala intelijen AS Scott Berrier baru-baru ini menggolongkan Kazan sebagai ancaman dunia bagi Amerika, ketika berbicara dengan komite angkatan bersenjata Senat.

Kapal selam Yasen-M dirancang untuk membawa rudal hipersonik Rusia yang baru, Tskirkon atau Zircon.

Putin memuji Mach 8 Zircon sebagai 'benar-benar tak tertandingi', dan telah digambarkan sebagai misil pilihannya untuk menargetkan kota-kota Amerika, jika terjadi konflik nuklir.

Kazan diluncurkan 4 tahun lalu, dan telah menjalani uji coba laut sejak September 2018.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved