Breaking News:

Berita Blora

Operasi Dinkes dan BPOM di Pasar Ngawen Blora Temukan Mie Mengandung Formalin dan Boraks

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menemukan mie basah yang mengandung formalin.

Istimewa
Pemeriksaan kandungan makanan oleh Dinkes dan BBPOM Semarang di Pasar Ngawen, Selasa (4/5/2021).   

Penulis: Rifqi Gozali

TRIBNJATENG.COM, BLORA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menemukan mie basah yang mengandung formalin dan boraks. Temuan tersebut diketahui setelah dilakukan uji kandungan makanan.

Kasi Farmasi, Makanan, Minuman, dan Alat Kesehatan pada Dinkes Blora, Siti Mahfullah, mengatakan, pihaknya bersama BPOM Semarang melakukan operasi di sejumlah pasar untuk mengetahui apakah ada makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Operasi tersebut dilakukan saat ini lantaran sebentar lagi lebaran tiba. “Biasanya lebih banyak warga yang belanja untuk kebutuhan makanan,” ujar Siti, Selasa (4/5/2021).

Siti melanjutkan, bahwa dalam operasi kali ini, pihaknya bersama BBPOM Semarang menyisir setiap kios maupun los untuk menentukan sampel makanan yang akan diuji. Dari situ kemudian terdapat 28 sampel dari berbagai jenis makanan.

“28 sampel itu yang kami pilih itu ada kue, kerupuk, dan mie basah,” katanya.

Dari semua sampel makanan kemudian dilakukan uji kandungan. Hasilnya, terdapat mie basah yang mengandung formalin dan boraks. Tidak hanya itu, dua sampel berupa kerupuk dan makanan kering terbukti mengandung pewarna tekstil yakni Rhodamin B dan Methanyl Yellow.

Ini adalah temuan kesekian menyusul sebelumnya juga dilakukan operasi yang sama di Pasar Jepon. Saat di Jepon itu ditemukan kerupuk yang mengandung Rhodamin B.

Siti melanjutkan, temuan tersebut pihaknya koordinasikan dengan pengelola pasar agar menegur para penjual supaya tidak menjual jenis makanan yang mengandung bahan berbahaya.

“Ke depan kalau ada operasi serupa, kok masih ditemukan kami bisa melakukan pemusnahan di tempat,” kata dia. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved