Breaking News:

Berita Blora

Pemkab Blora Pastikan Tidak Ada Daging Gelonggongan di Pasar

Dinnakikan Kabupaten Blora melakukan pemeriksaan daging di sejumlah pasar tradisional.

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Istimewa
Pemeriksaan daging oleh petugas Dinnakikan Blora. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA –  Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora melakukan pemeriksaan daging di sejumlah pasar tradisional. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada daging gelonggongan yang beredar di pasar jelang Idulfitri 1442 hijriah.

Beberapa pasar tradisional yang menjadi sasaran pemeriksaan yakni Pasar Randublatung, Cepu, Kunduran, Blora, dan Jepon.

“Adapun sampel yang diambil yaitu menggunakan pH meter untuk uji kesegaran daging, dan uji cepat keutuhan daging. Kemarin ke pasar Randublatung dan Jepon. Hari ini ke pasar Cepu, ” kata Kepala Bidang Kesehatan Dinnakikan Blora, Tejo Yuwono, Selasa (4/5/2021) .

Dia mengatakan, keutuhan daging berarti tanpa ada campuran dengan daging lain seperti daging babi atau celeng.

“Hasil yang kami dapatkan adalah pH antara 7-7.3 yang dikategorikan dengan daging segar. Sedang kan uji keutuhan, semuanya utuh tanpa campuran daging babi/celeng,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim kesehatan hewan Dinnakkikan Kabupaten Blora, tambahknya, tidak ada daging gelonggongan. Artinya aman dikonsumsi.

Pemeriksaan tersebut sekaligus menindaklanjuti surat edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI mengenai pengawasan peredaran bahan pangan asal hewan yang  ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal).

Sementara itu untuk ketersediaan bahan pangan asal hewan dan ikan dalam kategori aman atau tercukupi.

Adapun ciri daging yang baik antara lain  tidak berau anyir, daging kenyal dan padat, warna merah, dan tidak mengandung air. Kemudian untuk ciri ikan yang segar, mata bening, insang merah, dan sisik masih lengkap. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved