Breaking News:

Berita Semarang

Peringati Hardiknas, UT Semarang Gelar Seminar Siapkan Generasi Unggul di Era Digital

UT Semarang menyelenggarakan seminar dengan tajuk pembangunan karakter dan spiritualitas untuk menciptakan generasi unggul di era digital.

Istimewa
Rektor Unika Soegijapranata, Ridwan Sanjaya menyampaikan materi dalam seminar secara daring yang diselenggarakan UT Semarang, kemarin. (*Ist 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021, Universitas Terbuka (UT) Semarang menyelenggarakan seminar dengan tajuk pembangunan karakter dan spiritualitas untuk menciptakan generasi unggul di era digital, kemarin.

Seminar yang digelar secara daring itu yang menghadirkan tiga narasumber dan diikuti oleh ratusan mahasiswa baik dari UT maupun di luar UT, serta praktisi pendidikan.

Ketiga narasumber itu adalah Rektor Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang Ridwan Sanjaya, dosen Program Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Muhammad Nasih, dan dosen FKIP UT Teguh Prakoso.

Baca juga: Janji Manis KKB untuk Menarik Warga Papua, Kini Tebuni Merasa Ditipu dan Minta Kembali ke NKRI

Baca juga: Jelang Larangan Mudik Bus Haryanto Kecelakaan Terguling di Tol Pejagan - Pemalang

Baca juga: Investasi Bodong 212 Mart Terbongkar, Manajemen Kabur Tinggalkan Ratusan Investor yang Rugi Milyaran

Baca juga: BREAKING NEWS: Bus Haryanto Hantam Tronton Muat Bahan Roti di Tol Kalikangkung, Sopii Gemetar

Direktur UT Semarang, Barokah Widuroyekti menyatakan, kegiatan seminar tersebut menjadi sarana bagi mahasiswa maupun masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sistem digital yang saat ini berkembang pesat.

"Dari para narasumber, diharapkan agar seluruh peserta seminar dapat menggali pengetahuan lebih dalam tentang sistem digital," kata Barokah, dalam keterangannya, Rabu (5/5/2021).

Dalam paparannya, Rektor Unika Soegijapranata, Ridwan Sanjaya mengatakan bahwa, UT mempunyai sejarah panjang yang diawali dengan pembelajaran melalui radio hingga saat ini berbasis internet.

"Meski perkembangan digital kian pesat, tapi UT tetap tidak meninggalkan radio," paparnya.

Ridwan mengkritisi sebuah fenomena yang berkembang saat ini bahwa mindset di saat pandemi sebagai pelaku digitalisasi apabila tidak mau berubah, maka pasti akan ketinggalan.

"Manfaatkanlah banyak layanan digital yang sudah banyak tersedia di sekitar. Mulai dari pesan makanan, mengantarkan kita untuk pergi, atau untuk melakukan registrasi kuliah dan ujian. Semua sudah ada dan mudah dioperasikan," ujarnya.

Dikatakannya, sistem digital merupakan kombinasi logika dan beberapa unsur lain. Bentuknya berupa aktivitas olah data menjadi tatanan informasi. Atau bisa juga dinyatakan bahwa sistem digital merupakan sistem yang memang disiapkan untuk bekerja pada kita secara digital.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: M Syofri Kurniawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved