Breaking News:

Bupati Kendal Pastikan Stok Bahan Pokok Aman sampai Lebaran

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto memastikan stok bahan pokok di pasaran aman hingga Lebaran Idulfitri nanti.

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: Daniel Ari Purnomo
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Seorang pedagang di Pasar Kendal Kota sedang melayani pembeli. 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto memastikan stok bahan pokok di pasaran aman hingga Lebaran Idulfitri nanti.

Hal itu ia tegaskan usai melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional Kendal, Kamis (6/5/2021).

Kata Dico, beberapa stok bahan pokok penting seperti sembako, daging ayam, telur, ikan, hingga sayuran masih melimpah. Harganya pun masih tergolong stabil mendekati Lebaran nanti. 

Hanya saja, terdapat beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga akibat jumlah permintaan yang naik. Seperti contoh, ikan dan ayam potong.

"Menjelang Lebaran Idulfitri ini dipastikan stok sembako tetap stabil dan tidak ada lonjakan harga. Namun kalau pun ada, harus diantisipasi. Kami turun ke lapangan langsung mengecek harga-harga, dan hasilnya rata-rata stabil, tidak ada kenaikan yang signifikan," terangnya.

Pedagang ikan di Pasar Pagi Kliwungu, Siti Maryam mengatakan, harga ikan yang naik mendekati Lebaran hanya cumi-cumi. Kenaikannya mencapai Rp 15.000 dari harga semula Rp 35.000 menjadi Rp 50.000 perkilogram.

"Jenis lainnya dalam keadaan standar," ujarnya.

Pedagang lain, Sri Islahati, harga ayam potong saat ini masih belum stabil di harga standar. Menurutnya, tingginya harga ayam potong dipicu naiknya permintaan sepanjang Ramadan. Namun, ia memastikan stok daging ayam masih cukup banyak di pasaran.

Pedagang sayuran, Rumiyati menambahkan, pada komoditi sayuran dalam keadaan stabil. Hanya cabai rawit merah yang mengalami kenaikan kembali dari Rp 30.000 menjadi Rp 35.000 per kilogram. 

"Sayuran lain aman, hanya minyak goreng naik Rp 1.000," terangnya. 

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun berharap, pemerintah harus terus memantau dan memastikan stok kebutuhan masyarakat tercukupi. Dengan harapan, agar tidak terjadi lonjakan harga karena tingkat kebutuhan naik sementara stok terbatas. 

"Menjelang Lebaran biasanya kebutuhan masyarakat meningkat, maka stok barang harus dipastikan aman, agar harga-harga stabil, sehingga tidak memberatkan masyarakat," harapnya.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved