Breaking News:

Berita Slawi

Bupati Tegal Umi Azizah Pimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2021 Polres Tegal

Kepolisian Resor Tegal melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka operasi Ketupat Candi 2021.

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kepolisian Resor Tegal melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka operasi Ketupat Candi 2021 bertempat di lapangan Pemda Kabupaten Tegal, Rabu (5/5/2021). 

Bertindak sebagai pimpinan apel Bupati Tegal Umi Azizah, membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). 

Dalam sambutannya dijelaskan bahwa kekuatan personel yang dilibatkan dalam operasi ketupat 2021 sekitar 166.734 orang yang merupakan gabungan dari personel Polri, TNI, Dishub, dan Satpol PP dimasing-masing wilayah.

"Operasi Ketupat 2021 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 yang dilaksankan serentak di wilayah NKRI guna menciptakan susana kondusif, rasa aman dan nyaman pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H/2021," ujar Umi, pada Tribunjateng.com. 

Selain itu, Bupati Umi juga menyampaikan Polri telah menyiapkan 333 titik penyekatan untuk mengantisipasi mudik lebaran. 

Sehingga diperintahkan seluruh jajaran Polri maupun dinas terkait, untuk memperhatikan kegiatan-kegiatan lainnya dalam situasi hari Raya Idul Fitri. 

Seperti kegiatan ibadah, kegiatan di sentra ekonomi, destinasi wisata, kegiatan budaya daerah takbir keliling, dan halalbihalal. 

"Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan apabila pemerintah tidak melaksanakan larangan mudik, maka akan terjadi pergerakan orang yang mudik sebanyak 81 juta orang. Namun setelah ada kebijakan larangan mudik hanya terdapat 7 persen atau 17,5 juta orang yang akan mudik. Sehingga kegiatan ketupat candi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh," papar Umi.

Sementara untuk di Kabupaten Tegal sendiri, sebanyak 565 personil gabungan TNI-Polri dan unsur kedinasan Pemkab Tegal serta komunitas masyarakat, dikerahkan guna mengamankan kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 yang dimulai tanggal 6 besok. 

Adapun jumlah 565 personil ini rinciannya 330 personil berasal dari unsur kepolisian. Sedangkan dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, hingga Palang Merah Indonesia masing-masing 30 personil. 

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved