Breaking News:

Berita Kendal

DPP Kendal Stabilkan Harga Bahan Pokok Lewat Pasar Rakyat

DPP Kabupaten Kendal menggelar pasar rakyat selama 3 hari menjelang Lebaran Indulfitri 1442 H.

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Warga memilih berbagai produk kebutuhan pokok di Pasar Tani Rakyat, Selasa (4/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal menggelar pasar rakyat selama 3 hari menjelang Lebaran Indulfitri 1442 H. Dalam pameran pasar tani untuk rakyat ini menyediakan berbagai produk kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Mulai dari aneka sayuran, ikan laut, daging ayam, buah-buahan, beras, hingga berbagai bumbu dapur.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Tjipto Wahjono mengatakan, dalam pasar rakyat ini semua produk yang diperjualbelikan terjangkau dengan harga standar. Katanya, rata-rata harga produk lebih rendah dari harga normal di pasaran lantaran telah disubsidi 20 persen dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Seperti contoh harga normal beras di pasaran Rp 11.000 per kilogram, dijual pada pasar tani rakyat Rp 22.000 per 2,5 kilogram. "Pasar tani ini program Kementerian yang diaplikasikan dalam bentuk pasar rakyat. Tujuannya untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok menjelang lebaran," terangnya, Selasa (4/5/2021).

Kata Tjipto, pasar tani ini mendekatkan langsung antara petani dengan konsumen. Sehingga rantai penyaluran hasil tani terpangkas untuk mengembalikan harga normal sejumlah kebutuhan pokok.

"Pasar semacam ini biasa kita adakan saat terjani penurunan harga hasil pertanian atau terjadi lonjakan harga di pasaran. Tujuannya agar masyarakat mendapatkan harga yang standar, nah kebetulan menjelang lebaran ini sebagian harga produk di pasaran meningkat, kita coba mengimbanginya agar stabilkan kembali, sehingga masyarakat terbantu," ujarnya.

Kegiatan yang sama, terang Tjipto, akan diupayakan untuk membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pameran pasar rakyat akan ciba diperluas pada tahun-tahun yang akan datang agar bisa memberikan manfaat lebih maksimal kepada masyarakat.

"Ini upaya bersama untuk menyetabilkan harga dengan memberikan harga jual produk terjangkau sampai tiga hari ke depan," tuturnya. 

Pasar tani rakyat ini di gelar di depan kantor DPP Kendal. Masyarakat bisa membeli produk hasil pertanian secara bergantian setiap pukul 08.00 - 14.00 WIB pada 4-6 Mei. 

Seorang pembeli, Enny mengatakan, berbelanja di pasar bentukan DPP ini dirasa lebih murah dari harga di pasaran. Katanya, ia bisa membeli bawang merah dengan harga lebih murah Rp 4.000 per kilogram dari harga pasaran. Begitu pula harga telur lebih murah Rp 2.000 per kilogram dri harga Rp 23.000 menjadi Rp 21.000.

"Mumpung ada yang lebih murah, coba stok untuk kebutuhan rumah hingga lebaran nanti. Maklum lebaran kali ini tidak pergi kemana-mana," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved