Breaking News:

Berita Purbalingga

Masih Pandemi Corona, Pemkab Purbalingga Tak Akan Adakan Salat Ied di Alun-Alun

Bupati dan Forkompinda sepakat untuk menghindari penyebaran Covid-19 dari kerumunan jamaah salat ied yang heterogen

Istimewa
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat penandatanganan kesepakatan bersama di Pringgitan Rumah Jabatan Bupati, Rabu (5/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Menjelang lebaran 1442 Hijriah, Bupati Purbalingga, Dyah hayuning Pratiwi memastikan salat Idul Fitri di Alun-Alun Purbalingga ditiadakan. 

Hal itu tertuang dalam kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Bupati dan Wakil Bupati bersama Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI dan pimpinan organisasi keagamaan PC Nahdatul Ulama, PD Muhammadiyah dan LDII.

Bupati dan Forkompinda sepakat untuk menghindari penyebaran Covid-19 dari kerumunan jamaah salat ied yang heterogen.

Maka pada saat Hari Raya Idul Fitri nanti tidak diadakan shalat ied di Alun Alun Purbalingga dan lapangan di tingkat kecamatan.

Hal itu dikatakan oleh Bupati Tiwi usai penandatanganan kesepakatan bersama di Pringgitan Rumah Jabatan Bupati, Rabu (5/5/2021).

Dikatakan Bupati Tiwi, sesuai ketentuan penyelenggaraan shalat ied dapat dilaksanakan secara berjamaah di masjid, mushola, lapangan atau tempat lain secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Selain itu, penyelenggaraan salat idul fitri juga mempertimbangkan status zonasi Covid-19 berbasis desa. 

Untuk desa atau kelurahan yang berada di zona merah atau oranye, salat ied diselenggarakan di rumah masing-masing dengan keluarga inti. 

Sedangkan desa atau kelurahan zona hijau dan kuning dapat menyelenggarakan shalat ied berjamaah di masjid atau mushola dan lapangan atau tempat lain dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Salat ied di lapangan terbuka dengan jumlah jamaah besar dan heterogen tidak diperkenankan. 

Halaman
123
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved