Breaking News:

KKN Unnes

KKN Tematik Unnes, Membantu Kembangkan Pelaku UMKM Desa melalui Inovasi Produk Berkualitas

Pandemi covid membawa dampak pada banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah dunia usaha. Di tengah pandemi covid ini, banyak usaha masyarakat

Editor: abduh imanulhaq
IST
KKN Tematik Unnes di Desa Sumberejo Mranggen Demak berikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan bantal leher 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Pandemi Covid-19 membawa dampak pada banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah dunia usaha.

Di tengah pandemi covid ini, banyak usaha masyarakat yang mengalami penurunan bahkan terancam bangkrut, khususnya usaha mikro kecil dan menengah.

Maka dari itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Temaik UNNES yang bertempat di Desa Sumberejo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, melakukan sosialisasi dan pelatihan untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah.

Sebelum melakukan sosialiasi, mahasiswa KKN Tematik UNNES mengawalinya dengan melakukan survei lapangan dengan cara mendatangi para pelaku usaha mikro di Desa Sumberejo dan menggali informasi pada usaha yang mengalami penurunan omset penjualan selama pandemi.

Sukarni merupakan salah satu pelaku usaha pengrajin bantal guling.

Dia mengungkapkan bahwa selama pandemi mengalami kesulitan dalam pemasaran produknya dan membuat omset penjualan mengalami penurunan.

Dampak dari penurunan penjualan tersebut membuat Sukarni melakukan pengurangan jumlah pekerja.

Awalnya berjumlah 10-15 orang sekarang hanya menjadi 2 karyawan saja.

Jika biasanya dalam sehari Sukarni bisa memproduksi 500 pcs bantal dan guling, sekarang hanya bisa menghasilkan 50-75 pcs bantal dan guling saja.

Melihat dari permasalahan yang terjadi, maka mahasiswa KKN Tematik UNNES berusaha untuk memberikan solusi dengan cara sosialisasi pemasaran produk dan pelatihan pembuatan bantal leher sebagai upaya inovasi pada produk bantal dan guling yang sudah ada.

“Kami selaku para generasi muda, berupaya untuk ikut andil membantu masyarakat desa utamanya dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, dan sesuai dengan jargon KKN Tematik UNNES tahun 2021 yaitu Bersama Unnes membangun Indonesia dari Desa,” tutur Ahmad Kholil selaku koordinator KKN Tematik Desa Sumberejo.

Harapannya dengan adanya pelatihan pembuatan bantal leher ini dapat mendorong inovasi dan meningkatkan penjualan produk dari para pengrajin bantal.

Sehingga nantinya dapat menambah omset penjualan dan dapat mempekerjakan kembali para karyawan yang sempat dirumahkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved