Breaking News:

Berita Kendal

PDAM Kendal Santuni Anak Yatim Door to Door

PDAM Tirto Panguripan Kendal kembali memberikan santunan kepada anak yatim di sejumlah panti asuhan.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: rival al manaf
Tribun Jateng/ Saiful Ma'sum
PDAM Kendal warnai Ramadan dengan memberikan santunan 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - PDAM Tirto Panguripan Kendal kembali memberikan santunan kepada anak yatim di sejumlah panti asuhan. Bedanya, pemberian santunan pada tahun ini dilakukan secara door to door dengan mendatangi panti asuhan.

Direktur Utama PDAM Tirto Panguripan Kendal, Sunanto mengatakan, pemberian santunan berupa sejumlah uang dan paket lebaran diberikan langsung kepada ratusan anak yatim piatu di Panti Asuhan Rohadi Kaliwungu, Panti Asuhan Hj. Siti Rohmah Kaliwungu dan Panti Asuhan Sjarifudin Ngilir, Kendal.

Pihaknya sengaja memberikan santunan di tempat masing-masing lantaran adanya larangan dari pemerintah pusat terkait pengadaan buka bersama yang mengumpulkan lebih dari 5 orang. 

"Karena ada surat edaran tentang larangan buka puasa bersama, maka penyerahan santunan, sembako dan makanan langsung diserahkan ke masing-masing panti asuhan," katanya, Kamis (6/5/2021).

Kata Sunanto, dari 3 panti asuhan itu diberikan sembako berupa 100 kilogram beras, 2 karton minyak goreng, dan 2 karton gula pasir. Tujuannya untuk membantu meringankan kebutuhan panti dalam menyediakan makanan kepada anak asuhnya.

Khusus kepada santri dan pengurus panti mendapatkan santunan berupa nominal uang. Masing-masing Rp 200.000 bagi anak panti, dan Rp 350.000 untuk pengurus. 

"Sebenarnya penyerahan santunan akan dibarengkan dengan acara buka puasa bersama di Pendopo Kabupaten Kendal. Namun, karena ada larangan mengadakan buka puasa bersama, akhirnya makanan untuk buka puasa diantar ke panti asuhan. Anak-anak juga mendapat sarung bagi laki-laki dan mukena untuk perempuan supaya menambah kebahagiaan anak asuh," ujarnya.

Kata Sunanto, total bantuan santunan yang diberikan sekitar Rp 24 juta yang dihimpun dari zakat pegawai, 2,5 persen dari pendapatan, serta Rp 10 juta yang dihimpun dari sumbangan sukarela semua pegawai yang turut dibagikan kepada 4 panti asuhan lainnya. 

Kepala Asrama Panti Asuhan Hj Siti Rohmah Kaliwungu, Asikin Humam mengaku bersyukur atas kepedulian PDAM yang turut membantu kebutuhan anak-anak asuhnya. Ia berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi pengelolaan panti, memenuhi kebutahan anak asuh, dan kebutuha-kebutuhan lainnya. Sehingga, puluhan anak asuhnya mendapatkan tambahan kelayakan selama beraktifitas di panti asuhan.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan anak-anak panti asuhan di sini. Semoga bantuan yang disalurkan pemerintah melalui PDAM maupun instansi lain juga bisa tersalurkan kepada anak panti asuhan lainnya dan masyarakat yang membutuhkan," harapnya. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved