Breaking News:

Berita Pati

Ratusan Penyapu Jalan di Pati Terima Bantuan Keuangan dari Baznas

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pati menyerahkan bantuan keuangan atau tali asih untuk para petugas kebersihan, tepatnya tukang sapu jalan.

Editor: rival al manaf
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Penyerahan tali asih untuk tukang sapu jalan di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (6/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pati menyerahkan bantuan keuangan atau tali asih untuk para petugas kebersihan, tepatnya tukang sapu jalan.

Acara penyerahan tali asih tersebut digelar di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (6/5/2021).

Terdapat 268 orang yang menerima bantuan ini. Namun, demi penerapan protokol kesehatan, petugas kebersihan yang hadir hari ini tak lebih dari 50 orang. Penyerahan bantuan selebihnya akan dilanjutkan pada Jumat dan Sabtu besok.

Ketua Baznas Pati, Imam Zarkasi, menyampaikan bahwa ini merupakan program rutin setiap tahun.

Tahun sebelumnya, tiap orang mendapat Rp 300 ribu. Adapun tahun ini meningkat menjadi Rp 400 ribu.

"Jumlah bantuan tersebut dikalikan jumlah penerima sebanyak 268 orang. Tahun sebelumnya pun jumlah penerimanya juga kurang lebih sama," ujar dia.

Dia berharap, bantuan tersebut dapat dipergunakan untuk keperluan lebaran. 

"Bantuan ini merupakan hasil dari sumbangan para ASN yang dikumpulkan oleh Baznas. Jadi tidak sekadar dikumpulkan, melainkan juga didistribusikan," jelas dia.

Dari hasil sumbangan yang terkumpul tersebut, penyalurannya tidak hanya untuk para tukang sapu, melainkan juga sejumlah program bantuan lain. Di antaranya bantuan bedah rumah, bantuan terdampak Covid-19, bantuan untuk difabel, dan seterusnya.

"Alhamdulillah tren zakat dari para ASN tahun 2021 ini meningkat. Ada juga tokoh masyarakat maupun pengusaha yang menyumbangkan sebagian pendapatannya ke Baznas. Jumlah di tahun 2020 sebesar Rp 5 miliar, dan di tahun 2021 ini kami mengharap bisa mencapai Rp 6 miliar," papar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved