Breaking News:

Berita Video

Video Disnaker Jateng Gercep Dapat Laporan THR Buruh Belum Dibayar

Disnaker Jateng mendapatkan aduan dari buruh lantaran uang tunjangan hari raya (THR) keagamaan tidak dibayarkan.

penulis: Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Berikut ini video Disnaker Jateng gercep dapat laporan THR buruh belum dibayar.

Mendapatkan aduan dari buruh lantaran uang tunjangan hari raya (THR) keagamaan tidak dibayarkan, tim Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah melakukan inspeksi mendadak atau sidak, Kamis (6/5/2021).

Sidak dilakukan di beberapa perusahaan di Kawasan Industri Candi Kota Semarang dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal.

Tim pengawas juga menggandeng anggota Komisi E (Bidang Kesra) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah yang juga membidangi ketenagakerjaan.

Di Kawasan Industri Candi tim pengawas memeriksa proses pembayaran THR di perusahaan produsen PT Victoria Care Indonesia (Tbk). Hasilnya THR sudah dibayar pada Rabu (5/5/2021).

"Pada triwulan pertama, progres kami memang kurang membahagiakan. Teman-teman marketing (pemasaran) kendala karena banyak mal yang tutup karena covid. Tapi kalau fokus ke THR, itu jadi prioritas kami dalam kondisi apapun. Jadi prioritas kami termasuk gaji," kata Direktur Manufacturing PT Victoria Care Indonesia, Rosyid Sujoko.

Sementara di PT Samwon Busana Indonesia, tim mendengar bahwa THR belum dibayarkan. Namun, setelah dicek, manajemen mengatakan sudah dibayarkan bebarengan dengan gaji bulanan pada 5 Mei kemarin.

"Adanya covid memang kami terguncang. Awalnya kami kesulitan untuk bayar THR, tapi kami berupaya dan meminjam ke Korea. Akhirnya THR dapat dibagikan berbarengan dengan gaji sesuai aturan," kata Marketing Manager PT Samwon, Kim Dong Hui.

Setelah dari Kawasan Industri Candi, tim bergerak melakukan sidak di KEK Kendal. Perusahaan yang didatangi antara lain perusahaan sepeda PT Roda Maju Bahagia dan pabrik tekstil PT Dae Young Textile.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved