Breaking News:

Jalan di Clirit View yang Sempat Ambles Sekarang Jauh Lebih Baik Kondisinya

Akses jalan menuju objek wisata Guci via Clirit View Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal sudah mulus.

Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
kondisi terkini akses jalan di Clirit View Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal yang pada pertengahan Februari 2021 lalu mengalami ambles. Saat ini kondisinya jauh lebih baik karena sudah diperbaiki dengan teknik lapen atau aspal, Minggu (9/5/2021).  

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Akses jalan menuju objek wisata Guci via Clirit View Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal yang sempat ambles pada Februari 2021 lalu, saat ini kondisinya jauh lebih baik karena jalan sudah diaspal atau Lapen. 

Hal ini terlihat saat Tribunjateng.com memantau langsung ke lokasi pada Minggu (9/5/2021). 

Beberapa titik akses jalan yang ambles mulai dari tanjakan duren, jembatan Kalimus, sampai arah Clirit View semuanya sudah diperbaiki dan dilapen. 

Jika sejak Februari sampai April kemarin masih sering terjadi kemacetan atau antrean kendaraan karena akses jalan yang rusak, saat ini lalu lintas di lokasi terpantau lancar. 

Namun karena masih terdapat kerikil-kerikil kecil, sehingga pengendara yang akan melintas tetap diimbau untuk berhati-hati saat akan melintas. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin mengungkapkan, perbaikan jalan di Clirit View Kalibakung menggunakan teknik Lapen. 

Menurutnya jika tidak dilapen, maka jalan menjadi licin terutama saat terjadi hujan. 

Adapun yang dimaksud Lapis Penetrasi Makadam (Lapen) merupakan lapis perkerasan yang terdiri atas agregat pokok (material batu bulat, batu pecah, abu batu, dan pasir) dan agregat pengunci yang diikat oleh aspal. 

Caranya aspal disemprotkan di atas agregat pokok dan pemadatannya dilakukan lapis demi lapis.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved