Breaking News:

Perbaikan Jembatan Kaligintung Tegal Sudah 100 Persen

Jembatan Kaligintung, Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, yang pada pertengahan Maret 2021 mengalami longsor.

Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Foto kondisi terkini Jembatan Kaligintung, Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, yang pada pertengahan Maret 2021 lalu mengalami longsor sehingga ambles di sisi jembatan dan tidak bisa dilalui kendaraan, sekarang sudah selesai perbaikan dan siap digunakan oleh masyarakat, Minggu (9/5/2021).  

Penulis: Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Jembatan Kaligintung, Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, yang pada pertengahan Maret 2021 mengalami longsor sehingga ambles di sisi jembatan dan tidak bisa dilalui kendaraan, sekarang sudah selesai perbaikan sehingga siap digunakan oleh masyarakat.

Amblesnya jembatan yang diakibatkan curah hujan tinggi saat itu, ditargetkan selesai sebelum lebaran sehingga pengerjaan sesuai target yang ditentukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin mengatakan, perbaikan jembatan yang dilakukan sejak Maret lalu sudah selesai 100 persen pada Rabu 5 Mei 2021 kemarin.

Adapun jembatan Kaligintung ini merupakan akses utama bagi warga sekitar menuju Desa Cenggini dan Jejeg Kecamatan Bumijawa.

"Secara pengerjaan kedaruratan memang sudah selesai, namun harus tetap diperiksa oleh pihak terkait sehingga saat ini masih ditutup dan belum dibuka untuk umum. Tapi semisal sudah diperiksa dan memang layak maka bisa langsung digunakan atau dilalui kendaraan," terang Dasmin pada Tribunjateng.com, Minggu (9/5/2021).

Perlu diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal mengerjakan pekerjaan yang bersifat darurat.

Sehingga untuk perbaikan jembatan Kaligintung yang berlubang atau jebol ini sementara ditutup dahulu dengan semen, diperkuat menggunakan bronjong, dan dilakukan pemadatan.

"Kami melakukan perbaikan yang sifatnya kedaruratan, sedangkan untuk konstruksi permanennya seperti apa itu wewenang Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Target perencanaannya kapan saya juga tidak tahu bisa dikonfirmasi ke Dinas terkait," tegasnya.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, hujan deras yang terjadi pada Rabu (24/3/2021) lalu mengakibatkan jembatan Kaligintung, Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, alami longsor sehingga ambles dibagian sisi jembatan.

Akibat dari kejadian ini, sementara akses jalan tidak bisa dilewati oleh kendaraan mobil dan motor karena cukup beresiko.

Meninjau ke lokasi jembatan yang ambles, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin mengungkapkan, abodemen rangka baja jembatan longsor karena tergerus air bah dampak hujan kemarin.

Sehingga sebagian abodemen habis tergerus dan pondasi jembatan menggantung.

Tidak hanya karena faktor cuaca, menurut Dasmin adanya orang yang menggali galian c (tambang tanah, pasir, batu) di sisi kanan dan kiri jembatan juga menjadi pemicu tergerus dan rusaknya jembatan.

"Kami mengusahakan untuk langsung melakukan perbaikan atau penanganan darurat agar jembatan aman untuk dilewati oleh pengendara dan warga sekitar," pungkasnya.

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved