Breaking News:

Berita Tegal

20 Persen Perusahaan di Kota Tegal Belum Penuhi THR Karyawan, Ini Alasannya 

Pemberian uang Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan swasta di Kota Tegal, belum sepenuhnya selesai. 

Tribun Jateng/Fajar Bahruddin Achmad
Ilustrasi. Masyarakat mengambil uang THR untuk dibelanjakan perlengkapan jelang Hari Raya Idul Fitri 2021. 

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL - Pemberian uang Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan swasta di Kota Tegal, belum sepenuhnya selesai. 

Baru sekira 80 persen perusahaan yang sudah memenuhi kewajiban THR kepada para karyawannya. 

Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Tegal, Fajar Santoso mengatakan, hingga hari ini pemberian THR karyawan masih berlangsung. 

Perusahaan yang sudah membayarkan THR baru sekira 80 persen. Sisanya sekira 20 persen perusahaan perusahaan masih belum memenuhi kewajiban THR kepada para karyawan. 

"Ada perusahaan yang belum membayarkan THR-nya, gak banyak. Mereka menunggu H-1 atau H-2. Katanya misal dikasihkan sekarang nanti karyawannya pada bolos," katanya kepada tribunjateng.com, Senin (10/5/2021). 

Fajar menjelaskan, rata-rata perusahaan dapat memenuhi pemberian THR.  Namun banyak perusahaan yang memberikan uang THR di bawah standar, tepatnya tidak sesuai ketentuan. 

Paling kecil pemberian THR adalah Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu.  Jauh dari besaran UMK Kota Tegal yang angkanya mencapai Rp 1,9 juta.

"Kemarin beberapa buruh mengadu kepada kami. Tapi setelah mendapatkan penjelasan, para buruh bisa menerima dengan legowo," ujarnya. 

Fajar mengatakan, penurunan angka nominal pemberian THR, rata-rata terjadi pada perusahaan milik pribadi atau lokal. 

Mereka belum mampu membayarkan THR secara penuh karena pemasukannya masih minus. Kemudian kondisi tersebut juga banyak dialami oleh para pelayan toko, restoran, dan pekerja leasing motor. 

"Kami berharap Covid-19 ini cepat berlalu. Sehingga dapat memulihkan kembali perekonomian di Kota Tegal. Jadi pemberian THR maupun gaji bisa normal kembali," ungkapnya. (*)

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved