Bank Lakukan Penyesuaian Operasional di Masa Lebaran, BCA Sediakan Rp 53 T di ATM

Mulai Senin (10/5) kemarin hingga 7 hari ke depan, sebagian perbankan melakukan penyesuaian jam operasionalnya di masa libur Hari Raya Idulfitri

Editor: Vito
Tribunnews/Herudin
Ilustrasi - Pelayanan Bank Mandiri 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Mulai Senin (10/5) kemarin hingga 7 hari ke depan, sebagian perbankan melakukan penyesuaian jam operasionalnya di masa libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Bahkan, ada juga perbankan yang memutuskan menutup layanannya.

BCA misalnya yang justru memilih untuk meliburkan operasional layanan perbankan pada periode libur Lebaran di tahun ini.

"Selama merayakan Idulfitri, seluruh kantor cabang BCA tidak beroperasi pada 12-14 Mei, dan layanan Weekend Banking pada 15-16 Mei ditiadakan," ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, dalam keterangannya.

Meski demikian, menurut dia, pihaknya mengalokasikan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan dana pada mesin-mesin ATM.

“Untuk mengantisipasi tarikan nasabah di mesin ATM menjelang libur Idulfitri 1442 H, BCA menyediakan uang tunai sebesar Rp 53 triliun," ucapnya.

Adapun, Bank Rakyat Indonesia (BRI) memastikan layanan perbankan tetap beroperasi secara optimal selama periode libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Arga M Nugraha mengatakan, BRI akan tetap beroperasi dengan memberikan layanan terbatas pada 12 dan 15 Mei 2021.

“Layanan terbatas BRI akan hadir di 184 kantor, di mana masyarakat tetap dapat membuka rekening, penarikan, dan penyetoran simpanan, setoran pinjaman, complain handling, serta jual beli bank notes," jelasnya, dalam keterangannya.

Tetap melayani

Selain itu, BRI juga tetap melayani penebusan setoran BBM/Non-BBM Pertamina di 135 kantor, serta Pelayanan Pick Up Service ASDP di 37 kantor.

Arga menambahkan, BRI juga mengimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless, dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

Sementara, demi memaksimalkan layanan, Bank Negara Indonesia (BNI) tetap membuka 197 outletnya pada masa libur cuti Bersama Idulfitri, yaitu pada 12 Mei.

Begitu juga sebanyak 24 outlet kembali beroperasi secara terbatas pada 14 Mei. Seluruh outlet BNI hanya tutup operasi pada 13 Mei 2021.

Pada saat operasional terbatas, outlet yang beroperasi akan tetap memberikan layanan pembayaran pajak, hingga melayani setoran Pertamina.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved