Breaking News:

Bupati dan Tokoh Agama Pati Sepakat Larang Halal Bihalal

Kabupaten Pati membuat kesepakatan bersama terkait penyelenggaraan takbir, salat idulfitri, dan halal bihalal 1442 H.

Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Forum rapat persiapan Idulfitri 1442 H yang digelar Bupati Pati Haryanto bersama jajaran Forkopimda dan perwakilan Ormas Islam. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta sejumlah tokoh agama Islam di Kabupaten Pati membuat kesepakatan bersama terkait penyelenggaraan takbir, salat idulfitri, dan halal bihalal 1442 H.

Kesepakatan tersebut berisi ketentuan mengenai penyelenggaraan ketiga agenda tersebut, kaitannya dengan situasi pandemi Covid-19.

Kesepakatan bersama tersebut tertuang dalam sebuah piagam yang ditandatangani Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin, Dandim Letkol Czi Adi Ilham Zamani, Wakapolres Kompol Sumiarta, Ketua MUI Pati KH Abdul Mujib Sholeh, perwakilan NU dan Muhammadiyah, perwakilan DPRD dan Kejaksaan Negeri, serta Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Pati Ahmad Khoiron.

Haryanto mengatakan, melalui kesepakatan ini, pihaknya mengimbau semua takmir masjid/musala, lembaga dan organisasi yang ada, serta seluruh umat Islam di Pati untuk tidak melaksanakan takbir keliling.

“Kegiatan takbir cukup dilakukan di masjid/musala dengan kapasitas maksimal 10 persen, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata dia, Senin (10/5/2021).

Selanjutnya, wilayah yang termasuk zona hijau dan kuning boleh menyelenggarakan salat id di masjid atau lapangan. Namun kapasitasnya dibatasi 50 persen dari kapasitas normal. Adapun warga di wilayah zona merah atau oranye diimbau untuk salat id di rumah.

“Kemudian tidak diperkenankan menyelenggarakan acara silaturahim atau halal bihalal tatap muka yang mengumpulkan banyak orang. Sedangkan silaturahim secara virtual diperbolehkan,” ucap Haryanto.

Dia menambahkan, pihak yang melanggar ketentuan ini akan diberi sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan.

Haryanto meminta MUI, NU, Muhammadiyah, dan FKUB menyampaikan kesepakatan bersama ini pada jemaahnya. 

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved