Breaking News:

Berita Semarang

Jelang Hari Raya Idulfitri, Disperindag Jateng Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Aman

Disperindag Jateng memastikan ketersediaan bahan pangan di Jateng jelang hari Raya Idulfitri aman.

Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Kepala Disperindag Jateng, Muhammad Arif Sambodo ketika ditemui Tribun Jateng di kantornya, Senin, (10/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah (Disperindag Jateng) memastikan ketersediaan bahan pangan di Jateng jelang hari Raya Idulfitri aman. Hal ini dituturkan oleh Kepala Disperindag Jateng, Muhammad Arif Sambodo. 

“Kami memastikan jelang Hari Raya Idul Fitri dan pada saat hari pelaksanaan Idulfitri ketersediaan bahan pangan aman. Kebetulan hari ini, Senin, (10/5/2021) kami juga baru saja melakukan pantauan ke pasar dan toko retail modern, untuk mengecek ketersediaannya, hasilnya pun di lapangan juga stoknya aman,” ucap Arif kepada Tribun Jateng, Senin, (10/5/2021). 

Terkait dengan harga bahan pangan, Arif mengatakan berdasarkan pemantauan yang dilakukannya di minggu ini, komoditas minyak dan cabai teropong tengah mengalami kenaikan harga, namun kenaikannya masih dikatakan normal. 

“Untuk minyak itu biasanya di harga Rp 12.500, sementara hari ini terpantau Rp 14 ribu, sedangkan untuk komoditas cabai teropong terpantau sekira Rp 50 ribu, hal ini turut dipengaruhi dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan cabai teropong untuk Hari Raya Idulfitri,” jelasnya. 

Menurutnya, jelang Hari Raya Idulfitri di tahun ini daya beli konsumen sudah lebih baik dan meningkat dibandingkan dengan kondisi tahun lalu. 

Hal ini pun dianggap Arif sebagai sinyal positif, dimana sudah mulai adanya peningkatan perekonomian dari masyarakat. 

“Bahkan beberapa produk pun tahun ini mengalami peningkatan permintaan dari masyarakat, dibandingkan dengan kondisi tahun lalu, satu diantaranya adalah produk makanan kering kaleng, dimana tadi berdasarkan pemantauan kami untuk makanan kering kaleng mengalami kenaikan sekira 20 persen,” terangnya.

Sementara itu, Arif juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying jelang perayaan Idul Fitri ini, disamping itu juga mengimbau masyarakat untuk tetap cermat ketika hendak membeli kebutuhan pangan. (*)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved