Breaking News:

Berita Semarang

Robot Kreasi Tim Undip Resmi Lakukan Tugas Pelayanan di Pemkot Semarang

Robot kreasi Tim UNDIP secara resmi mulai lakukan tugas pelayanan di Pemkot Semarang mulai Senin (10/5).

Istimewa
Universitas Diponegoro menyerahkan robot kepada Pemerintah Kota Semarang, Senin (10/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Robot kreasi Tim Universitas Diponegoro (UNDIP) secara resmi mulai melakukan tugas pelayanan di Pemerintah Kota Semarang mulai Senin (10/5/2021).

Robot itu berfungsi sebagai robot pelayanan publik, robot layanan kesehata

Universitas Diponegoro menyerahkan robot kepada Pemerintah Kota Semarang, Senin (10/5/2021).
Universitas Diponegoro menyerahkan robot kepada Pemerintah Kota Semarang, Senin (10/5/2021). (Istimewa)

n, serta penjernih udara teknologi plasma (Zeta Green). Robot tersebut diserahkan oleh Rektor Undip, Yos Johan Utama, kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Ruang Lokakrida, Gedung Moch lchsan Balai Kota Semarang.

Yos mengatakan, prototype tersebut merupakan hasil pengembangan robot yang dilakukan oleh Undip seperti robot wisuda. Dari hasil pengembangannya, robot yang merupakan generasi ketiga ini memiliki kualifikasi yang lebih baik.

Robot ini dihibahkan kepada Pemerintah Kota Semarang karena kampus Undip berada di Semarang. Sehingga wajib untuk mendukung Pemkot Semarang mewujudkan pelayanan yang lebih baik.

"Ini (bentuk) komitmen kami untuk membantu Pemerintah Kota Semarang lebih hebat lagi," ujarnya, dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, untuk mencapai kemajuan, dukungan bisa datang dari mana saja. Bentuknya pun beragam diantaranya dukungan sosial dan pemikiran untuk kebijakan, dan dukungan lain.

"Dalam konteks ini, Undip siap ketika dilibatkan untuk memajukan Kota Semarang. Saya siap menjadi endorser demi kemajuan Kota Semarang lebih hebat lagi," ucapnya.

Alat penjernih udara tersebut, sambung Yos, juga sudah mendapatkan lisensi dari pabrikan sehingga bisa dibeli secara umum. Dia pun telah menggunakan sendiri di rumah dengan hasil yang aman dan nyaman.

Dengan diserahkannya robot itu, kendali operasi pasukan robot beralih ke Pemkot Semarang. Pendayagunaan robot tersebut, sepenuhnya menjadi kewenangan Pemkot Semarang, namun Undip berjanji siap mengawal jika ada kebutuhan untuk perbaikan dan penyempurnaan sistemnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved