Breaking News:

Takmir Masjid Agung Baitunnur Blora Gandeng Satgas Covid-19

Takmir Masjid Agung Baitunnur Blora  bakal menerapkan protokol kesehatan ketat dalam pelaksanaan salat Idulfitri 1442 hijriah.

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Daniel Ari Purnomo
Istimewa
Pelaksanaan salat di Masjid Agung Baitunnur Blora. 

Penulis: Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Takmir Masjid Agung Baitunnur Blora  bakal menerapkan protokol kesehatan ketat dalam pelaksanaan salat Idulfitri 1442 hijriah. Sebab, dalam praktiknya salat id kemungkinan diikuti oleh jemaah yang tidak hanya di dalam masjid, tapi juga jemaah yang di alun-alun depan masjid.

Ketua Takmir Masjid Baitunnur Blora, Khoirurrozikin, mengatakan, pihaknya akan menggandeng satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 dan sejumlah pihak dalam pelaksanaan salat id. Hal itu dilakukan demi menjamin pelaksanaan ibadah berlangsung lancar dan aman dari penularan virus.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari satu tahun, kata Khoirurrozikin, telah memberi pengalaman tersendiri bagi takmir dalam penyelenggaraan ibadah. Lantaran tahun ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir, pihak takmir kembali melakukan aturan ketat dalam pelaksanaan ibadah di masjid terbesar di Blora itu.

“Kami  berkoordinasi dengan sejumlah pihak mulai dari satgas Covid-19 kabupaten, aparat keamanan dan kantor Kemenag sebagai persiapan pelaksanaan salat Idulfitri 1442 hijriah,” ujar Khoirurrozikin, Senin (10/5/2021).

Lebih lanjut, katanya, salat Idulfitri yang pelaksanaannya menunggu pengumuman resmi pemerintah itu dipastikan bakal digelar di Masjid Baitunnur.

Dia memerkirakan salat id akan diikuti ribuan jemaah. Tak hanya di dalam masjid, akan tetapi kawasan alun-alun yang berada persis di depan masjid bakal dipadati jemaah.

Untuk itu, lanjut dia, takmir menyiapkan petugas cek suhu badan untuk memeriksa Jemaah yang akan masuk ke dalam masjid. Pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Kemudian untuk di kawasan alun-alun, pihaknya akan koordinasi dengan Satgas Covid-19 dan aparat keamanan.

“Kami juga menerapkan jaga jarak,” kata dia.

Perihal pelaksanaa salat id, sesuai dengan keputusan pemerintah sebaiknya tidak dipusatkan di satu titik. Hal itu guna menghindari terjadinya kerumunan.

“Maka, silakan pilih lokasi salat Idulfitri, jangan hanya di Masjid Baitunnur saja,” kata dia.

Kemudian takmir masjid memutuskan untuk menggelar takbir bersama di malam Idulfitri. Namun, kata Khoirurozikin, takbir bersama itu hanya akan diikuti jemaah dengan jumlah terbatas. Tentu dengan penerapan protokol kesehatan.

(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved