Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Bikohuma FH Unsoed Purwokerto Juarai Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional

Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Mahasiswa (BIKOHUMA) Fakultas Hukum UNSOED berhasil menjuarai Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

IST
Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Mahasiswa (Bikohuma) Fakultas Hukum Unsoed Purwokerto 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Mahasiswa (Bikohuma) Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil menjuarai Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional.

Ajang ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Veteran Legal Competition 2021 yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Hukum UPNVJ yang bertemakan “Progresivitas Hukum dalam Katalisator Modernisasi”.

Delegasi Tim Karya Tulis Ilmiah Bikohuma Fakultas Hukum Unsoed terdiri dari Sindy Riani Putri Nurhasanah, Diah Sri Nurwiyanti, dan Jerimia Saputra.

Dalam ajang tersebut mereka menggagas suatu konsep “Rekonstruksi Sistem Perizinan Lingkungan Hidup Terpadu Metode Cognate Bills dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development)”.

Sindy Riani Putri N mengatakan perhelatan yang sudah diadakan ke-2 kalinya ini, dilaksanakan pada tanggal 9-11 April 2021 dan dilakukan secara online melalui virtual meeting di kampus peserta masing-masing.

“Ini merupakan pertama kalinya bagi Bikohuma FH Unsoed mengikuti kompetisi tersebut”, ujarnya.

Kompetisi ini diawali dengan penilaian berkas Karya Tulis Ilmiah untuk dipilih 5 Tim dengan nilai terbaik yang berhak melakukan Presentasi Karya Tulis Ilmiah pada babak final.

Pada tahap seleksi berkas akhirnya terpilih 5 tim terbaik yaitu Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universtas Gajah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Diponegoro (Undip).

Pada presentasi babak final yang dilaksanakan secara online tersebut, delegasi Bikohuma FH Unsoed mendapat urutan presentasi ke-3 yaitu pada pukul 10.15 WIB.

Presentasi Karya Tulis Ilmiah tersebut diawali dengan pemaparan selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 30 menit oleh Dewan Juri yang terdiri dari unsur akademisi dan praktisi.

Pada penutupan rangkaian acara Veteran Legal Competition 2021 sekaligus dilakukan pengumuman pemenang Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan hasil sebagai berikut: Juara 3 diraih oleh Universitas Pelita Harapan (UPH), Juara 2 diraih oleh Universitas Diponegoro (Undip), dan Juara 1 dimenangkan oleh Delegasi Bikohuma Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Sindy mengungkapkan bahwa gelar juara ini seperti oase di tengah sepinya kompetisi di kala pandemi.

“Alhamdulillah, sejatinya memang keterbatasan bukanlah suatu penghalang bagi kita untuk berkreasi, berinovasi dan berprestasi. Karena kreativitas dan inovasi itu selalu ada ketika keterbatasan itu dijadikan motivasi”, ungkapnya.

“Saya mewakili tim sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih banyak bagi seluruh pihak yang telah mendukung, membimbing dan memfasilitasi kami atas pencapaian ini”, tandasnya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved