Breaking News:

Berita Pendidikan

Gelar Workshop Tugas, Universitas Terbuka Semarang bagi Kiat Sukses Belajar untuk Mahasiswa

Universitas Terbuka (UT) Semarang menyelenggarakan workshop tugas sebagai bagian dari layanan kepada mahasiswa selama dua hari sebagai bentuk layanan.

istimewa
Narasumber memberikan materi dalam workshop tugas kepada mahasiswa secara daring, kemarin. (Ist) 

Penulis: Zaenal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Terbuka (UT) Semarang menyelenggarakan workshop tugas sebagai bagian dari layanan kepada mahasiswa selama dua hari sebagai bentuk layanan untuk mendukung aktivitas belajar mandiri yang diterapkan bagi mahasiswa.

Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Dengan target peserta mahasiswa yang berada di semester 2 dengan jumlah sekitar 2.000 orang di 13 kabupaten dan kota.

Dalam workshop tersebut, terbagi menjadi 5  kelompok. Tiap kelompok mendampingi mahasiswa yang berasal dari dua atau tiga kabupaten/ kota. Rentang wilayah mahasiswa dari sisi timur berada di wilayah Kabupaten Blora, hingga Kabupaten Pemalang di ujung barat.

Direktur UT Semarang, Barokah Widuroyekti mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan rangkaian kerja simultan yang wajib diselenggarakan oleh UT daerah di seluruh Indonesia.

"Kami berupaya memberikan layanan informatif kepada mahasiswa agar mereka dapat mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan dan waktu yang telah disediakan oleh UT," kata Barokah, dalam keterangannya, Selasa (11/5/2021).

Basis dari layanan tersebut adalah tugas, baik berupa tugas mata kuliah (TMK), tugas tutorial online, maupun tugas dalam tutorial webinar yang diakomodasi oleh aplikasi Learning Management System (LMS).

"Selain itu, materi tentang etika akademik, kiat-kiat dalam menyusun karya ilmiah dan menghindari plagiarisme juga menjadi topik yang dibahas dalam workshop," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan workshop tugas ini mendapatkan respons positif dari mahasiswa, yang semakin memahami konsep tugas yang diterapkan di UT.

Sebagai pembelajar mandiri, mahasiswa UT disiapkan untuk dapat mencapai kompetensi yang diharapkan, di antaranya melalui serangkaian tugas yang telah dirancang sebagai bagian dari proses pembelajaran.

Tugas yang diberikan kepada mahasiswa selain merupakan instrumen evaluasi terhadap ketercapaian kompetensi yang ditetapkan, juga sekaligus menjadi alat untuk membelajarkan mahasiswa.

Melalui kegiatan Workshop Tugas, mahasiswa  mendapat kesempatan untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi ketika belajar dan dalam penyelesaian tugas-tugas tutorial.

Mereka umumnya menanyakan seputar permasalahan due date time yang diberikan oleh UT, yang menurut mereka sangat membantu dalam memberikan kelonggaran waktu bagi mahasiswa yang berstatus sebagai pegawai atau pekerja.

"Senang sekali bisa menjadi mahasisw UT yang tidak terkendala oleh waktu ketika harus mengupload tugas," kata seorang mahasiswa peserta workshop, Niken P.

Dikatakannya, model tugas yang diberikan sangat berbobot namun tidak memberatkan mahasiswa karena semua referensinya sudah ada di modul dan sumber belajar online yang tersedia di website UT. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved