Breaking News:

HM Hartopo Bakal Salat Id di Masjid Agung Kudus

Sementara itu, secara terpisah, Hartopo membenarkan dirinya akan Salat Id di Masjid Agung Kudus.

Tribun Jateng/ Yunan
Beberapa Bedug disiapkan di Masjid Agung Kudus untuk menyambut malam lebaran, Selasa, (11/5/2021). 

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS-Masjid Agung Kabupaten Kudus dipastikan menggelar Salat Id Idul Fitri. Dengan ketentuan penerapan protokol kesehatan yang ketat, seperti cek suhu badan, hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan mengenakan masker.

Ketua Ramadan dan Idul Fitri  Kabupaten Kudus, Zaenal Fahmi mengatakan, pihaknya akan mengatur Salat Id berjalan sesuai dengan protokol pencegahan dan penularan Covid-19. Semua jamaah, kata dia, akan masuk lewat satu pintu, di mana setiap orang akan dicek suhu badannya.

Selain itu, untuk jamaah yang berada di lingkungan dalam gerbang masjid, sof salat akan diatur dengan jaga jarak. Satu sof terisi, satu sof dikosongkan.

"Kapasitas di dalam masjid 50 persen. Paling banyak sekira 300 orang," kata Zaenal kepada Tribun Jateng, Selasa, (11/5/2021).

Dia juga menambahkan, untuk mengatur jamaah yang berada di luar gerbang masjid seperti di jalan atau Alun-alun Kudus agar tetap taat protokol kesehatan, pihaknya akan menyiagakan satgas.

Menurutnya, satgas tersebut berasal dari personel Banser Kudus. Mereka akan bertugas untuk mengingatkan jamaah yang tidak jaga jarak juga akan membagikan masker kepada jamaah yang tidak mengenakan masker.

Kata Zaenal, Salat Id Idul Fitri di Masjid Agung Kudus akan berlangsung pada pukul 06.00 WIB. Salat Id tersebut akan diimami oleh Musta'in Anis dan khotib Muzakir.

Musta'in Anis, kata Zaenal, adalah pengasuh Pondok Pesantren Al Isyqi Singocandi. Beliau memiliki pondok pesantren yang santrinya usianya anak-anak, rata-rata anak SD. 

Selain mengasuh pondok pesantren, Musta'in Anis juga dikenal sebagai pembina qori di Kudus.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved