Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Libur Lebaran Objek Wisata Guci Tetap Buka, Hasib: Fasilitas Layanan Kami Tambah

Tidak hanya Guci yang tetap beroperasi saat libur lebaran, wisata lain yang dikelola Pemkab Tegal yaitu Purwahamba Indah (Pur'in) juga tetap buka

Istimewa
Foto suasana di objek wisata Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal, Selasa (11/5/2021). Area wisata masih terpantau lengang dari aktivitas pengunjung. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Jelang momen libur Lebaran 1442 H/2021, objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Tegal yaitu Pemandian Air Panas Guci sudah mulai mempersiapkan baik sarana protokol kesehatan, mengatur lalu lintas, parkir, menyediakan pos layanan kesehatan, pos pantau, termasuk melakukan simulasi pembukaan wisata air panas di pancuran 5 dan lain-lain, Selasa (11/5/2021). 

Tidak hanya Guci yang tetap beroperasi saat libur lebaran, wisata lain yang dikelola Pemkab Tegal yaitu Purwahamba Indah (Pur'in) juga tetap buka. 

Namun untuk wisata Waduk Cacaban sampai saat ini belum bisa beroperasi karena masih dalam tahap pembangunan yang ditargetkan selesai pada awal tahun 2022. 

Kepala UPTD Objek Wisata Guci Ahmad Hasib mengungkapkan, pihaknya sudah mulai melalukan penataan di area wisata bahkan sejak sebulan yang lalu. 

Seperti wahana selfie, baron hil, sepeda gantung, kereta gantung, pemandian air panas, semuanya dilakukan pembenahan dan perbaikan. 

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 maka dilakukan peremajaan fasilitas tempat cuci tangan, penambahan titik tempat cuci tangan, dan papan himbauan untuk mematuhi prokes seperti memakai masker yang jumlahnya diperbanyak menyebar di seluruh penjuru area wisata. 

Bahkan menurut Hasib, ia juga sudah membentuk tim cyber sampah yang mengurus jika masih ditemukan sampah tidak dibuang di tempatnya. 

Mereka bekerja mulai pagi, lalu siang antara jam 11.00 WIB - 12.00 WIB, dan berlanjut mulai jam 14.00 WIB - 16.00 WIB. 

"Selain beberapa persiapan yang sudah saya sebutkan tadi, kami juga menyediakan Pos Layanan Terpadu yang berada di kawasan wisata Guci, lokasinya ada di pertigaan Bukit Kencana. Lalu kami juga ada pos pantau arus wisatawan letaknya di pintu utama atau di loket masuk. Adapun yang berjaga dari tim gabungan TNI, Polri, Satpol PP, PMI, Pramuka, Dishub, dan ormas seperti Banser, dan lain-lain," jelas Hasib, pada Tribunjateng.com. 

Beberapa aturan tidak hanya ditujukan bagi pengunjung atau wisatawan saja, tapi juga berlaku untuk pedagang dan pengelola parkir di dalam area wisata. 

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved