Breaking News:

Berita Karanganyar

Pemkab Tak Gelar Salat Idul Fitri di Alun-alun Karanganyar, Warga Dipersilakan Gelar Sendiri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar tidak menggelar salat Idul Fitri 1442 Hijriyah di Alun-alun Karanganyar.

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Situasi di Alun-alun Karanganyar, Selasa (11/5/2021).  

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar tidak menggelar salat Idul Fitri 1442 Hijriyah di Alun-alun Karanganyar.

Kendati demikian warga diperbolehkan menggelar salat Idul Fitri di masjid dan tanah lapang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, ada dua pertimbangan kenapa pemkab tidak menggelar salat Idul Fitri di Alun-alun. Selain warga yang tinggal di sekitar alun-alun ada yang meninggal dunia, kasus Covid-19 masih cukup tinggi. 

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjateng.com, kasus Covid-19 pada Senin (10/5/2021) tercatat ada 402 kasus. Dari jumlah itu 201 orang menjalani rawat inap dan sebagian lainnya menjalani isolasi mandiri. 

"Pemerintah tidak menyelenggarakan salat ied di Alun-alun. Dipersilahkan masyarakat sesuai dengan ketentuan di masjid, di lapangan juga boleh. Tapi dengan prokes ketat," katanya Selasa (11/5/2021). 

Dia menuturkan, keputusan tidak menggelar salat Idul Fitri di Alun-alun diambil sebagai bentuk empati kepada keluarga yang anggota keluarganya meninggal dunia karena Covid-19 kemarin. Keluarga itu tinggal di sekitar Alun-alun. 

Camat Tawangmangu, Rusdiyanto menuturkan, hingga saat ini hanya PHBI yang memberikan pemberitahuan hendak menggelar salat Idul Fitri di tanah lapang atau tepatnya Lapangan Bener.

Sebelumnya, para kades dan lurah telah diminta supaya apabila ada warga yang hendak menggelar salat Idul Fitri di tanah lapang supaya memberikan pemberitahuan. Kemungkinan kebanyakan menggelar salat di masjid masing-masing. 

Sesuai aturan, akan ada petugas khusus yang akan bertanggung jawab soal penerapan protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved