Breaking News:

Berita Kendal

Tim Gabungan Temukan Produk Kemasan Kedaluwarsa di Sejumlah Toko Modern di Kendal

Tim gabungan menemukan produk kemasan kedaluwarsa yang masih dijual di sejumlah minimarket.

TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama jajarannya melakukan sidak kualitas dan ketersediaan bahan pokok penting di minimarket Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan, Selasa (11/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Tim gabungan yang terdiri dari jajaran Forkopimda Kendal, Dinas Perdagangan, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), hingga TNI Polri menemukan produk kemasan kedaluwarsa yang masih dijual di sejumlah minimarket di Kabupaten Kendal saat gelar sidak ketersediaan dan keamanan bahan pokok penting, Selasa (11/5/2021). Selain itu, beberapa produk juga ditemukan dalam keadaan kemasan rusak yang berpotensi menimbulkan bahaya saat dikonsumsi.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dengan tegas meminta kepada pihak pengelola minimarket agar segera mengganti produk baru di hari ini juga. Hal itu disampaikan langsung saat memimpin sidak di toko modern di Jalan Kaliwungu-Boja, Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan. 

Ia juga meminta kepada pihak manajemen minimarket agar mengetatkan kembali supervisi produk supaya tidak membahayakan konsumen. 

"Ada satu yang kedaluwarsa, kelihatannya ada miskomunikasi atau ketidaksengajaan, kita kasih peringatan agar diganti, hari ini juga. Dan ke depan supervisi harus diperketat," terangnya di lokasi.

Kata Dico, sidak bahan pokok penting ini menyasar toko-toko modern dan pasar tradisional. Dalam hal ini, Pemkab Kendal juga memastikan adanya stok bahan pokok di pasaran cukup hingga Lebaran Idulfitri dengan harga stabil.

"Kita lihat ketersediaannya dan harganya agar tetap stabil. Kita antisipasi sampai menjelang Lebaran ini," ujar Dico.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Alfebian Yulando menerangkan, produk yang sudah melampaui batas aman konsumsi adalah teh kemasan. 

Di minimarket Protomulyo, katanya, ditemukan satu produk teh kemasan kedaluwarsa sejak 2020 lalu, dan satu produk dengan kemasan rusak. Sementara di minimarket Kertosari Kecamatan Singorojo, ditemukan produk yang sama yang sudah kedaluwarsa masih dipajang.

"Jadi di Kaliwungu ditemukan dua produk yang sudah diminta bupati untuk di-return.  Satu produk expired, dan satu produk kemasannya rusak. Nah di minimarket Singorojo juga ditemukan produk yang sama dan kendalanya sama. Entah dari petugasnya yang lalai atau bagaimana," tuturnya.

Kata Alfebian, pihaknya akan rutin melaksanakan sidak di toko-toko modern untuk memastikan kualitas produk yang aman untuk dikonsumsi.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved