Breaking News:

Berita Semarang

Geliat Olahraga Panahan di Semarang, Kian Digandrungi Kalangan Anak Muda

Tahun 2013-an di Kota Semarang, jika ingin mulai menekuni olahraga panahan di pusat kota cukup sulit.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sepengamatan saya tahun 2013-an di Kota Semarang, jika ingin mulai menekuni olahraga panahan di pusat kota cukup sulit.

Sejenak kita perlu mengorbankan waktu dan tenaga untuk menemukan tempat-tempat latihan, karena biasanya berada jauh dari pusat-pusat kota. Terkadang pula, perlu melewati jalan berkelok-kelok untuk sampai ke tempat latihan tersebut.

Berbeda dengan yang terlihat belakangan ini, ruang-ruang latihan memanah di Kota Semarang semakin luas. Bahkan tak perlu menempuh jarak hingga berpuluh-puluh kilometer untuk sampai ke tempat latihan, di kota pun kini cukup mudah untuk menjumpainya.

Begitu pula diakui Mufid, salah satu pendiri klub panahan di Semarang. Ia yang menamai klub panahannya dengan nama "Elfas" tersebut mengungkapkan, olahraga panahan di Kota Semarang memang semakin menggeliat beberapa tahun terakhir.

Elfas sendiri, sebutnya, telah dibentuk pada tahun 2015 lalu saat cabang olahraga ini belum terlalu digandrungi banyak orang.

Ekosistem perpanahan di Kota Semarang yang semakin berkembang pesat tersebut menurutnya turut memicu persaingan yang sehat antar klub panahan yang ada.

"Mulai akhir tahun 2017, persaingan (panahan) di kota Semarang sangat ketat. Dulu kami merintis tahun 2015/2016 masih sangat sepi, sekarang sudah sangat kompetitif," kata Mufid saat ditemui tribunjateng.com baru-baru ini.

Bermunculannya klub-klub tersebut menjadi penanda semakin meningkatnya jumlah peminat panahan di Kota Semarang hingg digandrungi banyak orang.

Di Elfas, Mufid menjelaskan, anggotanya juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Yakni yang semula yang hanya beberapa orang, kini menjadi puluhan orang.

Pasalnya, mereka yang menekuni olahraga panahan ini tidak sekadar menunaikan hobi. Banyak di antaranya yang fokus menekuninya untuk mengejar prestasi.

Halaman
12
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved