Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Jadwal Imam dan Khatib Salat Ied di Masjid Agung Kab Tegal, Jemaah Diminta Membawa Sajadah Sendir

Adapaun aturan yang dimaksud di antaranya Jemaah wajib mengenakan masker saat sudah memasuki area masjid

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Suasana Masjid Agung Kabupaten Tegal yang beralamat di jalan raya Ahmad Yani, No 2 Procot, RT 02/RW 03, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Rabu (12/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Satu hari jelang pelaksanaan salat idul fitri (salat Ied) 1442H/2021, pengelola Masjid Agung Kabupaten Tegal sudah mempersiapkan beberapa hal utamanya aturan prokes yang wajib dipatuhi oleh jemaah. 

Ketua Yayasan Masjid Agung Kabupaten Tegal, Hasan Munawar menjelaskan, secara teknis pihaknya mengikuti aturan pemerintah terkait penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1442H. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Sehingga ia pun sudah menyiapkan aturan-aturan yang wajib dipatuhi masyarakat atau jemaah yang akan melaksanakan Salat Ied di Masjid Agung Kabupaten Tegal.

Adapaun aturan yang dimaksud di antaranya Jemaah wajib mengenakan masker saat sudah memasuki area masjid.

Setelah itu langsung mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah tersedia di tiap sudut masjid.

Selain itu bagi lansia atau mereka yang sudah sepuh, disarankan untuk melaksanakan ibadah Salat Ied di rumah saja.

"Kalau untuk lansia kami sarankan ibadah di rumah saja, selain untuk mengurangi resiko terpapar Covid-19 tapi karena di Masjid Agung Kabupaten Tegal posisi tangganya naik dan cukup lumayan panjang sehingga kasihan bagi yang sudah sepuh. Intinya prokes tetap kami lakukan dengan ketat," ungkap Hasan pada Tribunjateng.com, Rabu (12/5/2021).

Selain aturan prokes yang sudah disebutkan sebelumnya, tambahan lain yaitu pengaturan jarak shaf salat antar jemaah berjarak 1,5 meter.

Masyarakat yang ingin salat pun tinggal datang saja ke masjid, tidak perlu mengisi daftar hadir dan sebagainya. Terpenting wajib mematuhi prokes utamanya memakai masker. 

"Jemaah kami wajibkan membawa sajadah sendiri dari rumah. Karena sudah setahun ini tepatnya sejak awal pandemi kami tidak memakai karpet lagi, sudah kami cuci dan simpan di lemari," ujarnya. 

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved