Breaking News:

Berita Kendal

Lazis NU Sarirejo Kaliwungu Salurakn ZIS Rp 300 Juta Kepada 1.124 Penerima

Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu menyalurkan dana zakat infak dan sedekah (ZIS)

TRIBUNJATENG/ SAIFUL MASUM
Lazin NU Ranting Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu menyalurkan dana ZIS di halaman masjid Sarirejo, Selasa (11/5/2021). 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu menyalurkan dana zakat infak dan sedekah (ZIS) Rp 300 juta kepada 1.124 penerima. Penyaluran dilakukan di halaman Masjid Sarirejo melalui koordinator RW masing-masing untuk menghindari kerumunan.

Sekretaris Lazisnu Desa Sarirejo, Mujiyo Gadafi mengatakan, penyaluran dana ZIS kali ini merupakan yang pertama pada 2021. Dana tersebut dihimpun selama satu bulan dari muzaki (pemberi zakat). Baik berupa zakat mal atau zakat harta, zakat fitrah, infaq maupun sedekah.

Penghimpunan dana ZIS melalui masing-masing koordinator Lazis NU ditingkatan RW. Dana yang terkumpul diserahkan ke tingkat Lazis NU desa untuk disalurkan kepada penerima yang berhak.

"Setelah dana terkumpul, kami melakukan pendataan terhadap warga yang berhak menerima, baru kemudian kami salurkan secara bersamaan," terangnya, Selasa (11/5/2021).

Kata Mujiyo, penerima yang berhak mendapatkan dana ZIS tergolong dari keluarga fakir miskin, anak yatim piatu, janda dan warga jompo. Selain itu, orang-orang yang berjuang di jalan Allah (Sabilillah) meliputi, imam masjid dan musala, marbot masjid dan musala, guru ngaji dan guru madrasah diniyah (madin) dengan total penerima 1.124 orang.

"Setiap dana ZIS yang masuk telah disalurkan kepada warga Sarirejo dengan jelas penerimanya berdasarkan nama dan alamat. Penerima by name by address, dana ZIS yang terhimpun pasti kami salurkan dan bisa dikroscek," ujarnya.

Anggota Lazis NU, Sutrisno mengatakan, besaran penerima ZIS terbagi dalam dua kategori. Meliputi kategori fakir miskin, anak yatim piatu dan warga jompo mendapatkan Rp 200 ribu. 

"Selain itu yang masuk dalam kategori Sabilillah atau orang yang bsrjuang di jalan Allah berhak mendapatkan Rp 300 ribu," tambahnya. (Sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved