Breaking News:

Berita Kudus

Persiapan Salat Idulfitri, Area Jalan Masjid Agung Kudus Ditutup Mulai Tengah Malam Ini

Masjid Agung Kudus dipastikan akan menggelar Salat Idulfitri tetap dengan penerapan prokes.

TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Mulai pukul 23.00 WIB nanti, area jalan sekitar Masjid Agung Kudus ditutup untuk kendaraan bermotor dan PKL. Penutupan itu untuk menyeterilkan lokasi untuk persiapan Salat Id. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Masjid Agung Kudus dipastikan akan menggelar Salat Id Idulfitri. Pelaksanaan salat di masjid yang terletak pusat kota itu tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Ramadan dan Idul Fitri Kabupaten Kudus, Zaenal Fahmi mengatakan, pihaknya sudah mematangkan persiapan untuk pelaksanaan Salat Id. Satu hal yang paling pokok adalah terkait fasilitas protokol kesehatan.

Selain itu juga, mulai malam nanti akan dilakukan penutupan jalan di area Masjid Agung Kudus.

"Sekitar jam 23.00 WIB sudah ada penutupan jalan. Kita pastikan steril. Termasuk PKL. Kita pastikan jangan ada jamaah yang masuk di Jalan Sunan Kudus," kata Fahmi, Rabu, (12/5/2021).

Menurutnya, kalau jamaah melaksanakan Salat Id di Jalan Sunan Kudus, maka posisi jamaah akan sejajar dengan posisi imam salat. Untuk itu, pihaknya memohon pengertian kepada jamaah agar tetap mematuhi area salat. 

Sehingga kejadian seperti tahun-tahun lalu setiap Salat Id tidak terulang. Dia mengakui itu di luar kemampuan panitia untuk menertibkannya, tapi pihaknya tetap berusaha agar posisi salat jamaah tidak menyejajari imam.

"Sering ada guyonan juga dari masyarakat semakin ke barat malah semakin dekat Allah," ujarnya dengan bercanda.

Zaenal menyampaikan pelaksanaan Salat Id di Masjid Agung Kudus akan diimami oleh Musta'in Anis, yang tidak lain adalah pengasuh Pondok Pesantren Al Isyqi. 

Sementara itu yang menjadi khotib adalah Muzakir, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kudus.

Pihaknya, kata Zaenal, telah mengajukan permohonan kepada Bupati Kudus HM Hartopo untuk mengucapkan Selamat Idul Fitri kepada jamaah Masjid Agung Kudus sebelum dimualainya Sala Id. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved