Breaking News:

Happy Ramadhan

Ramadhan di Masa Pandemi, UT Semarang Ajak Mahasiswa Ngabuburit Online

Universitas Terbuka (UT) Semarang menggelar Ngabuburit Online bersama para mahasiswa, kemarin. Ratusan mahasiswa mengikuti Ngabuburit Online.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: rival al manaf
Istimewa
Universitas Terbuka (UT) Semarang menggelar Ngabuburit Online bersama ratusan mahasiswa, kemarin. (Ist) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Terbuka (UT) Semarang menggelar Ngabuburit Online bersama para mahasiswa, kemarin. Ratusan mahasiswa mengikuti Ngabuburit Online untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan itu.

Ngabuburit Online dengan konsep Pojok Mahasiswa yang diusung kali ini memang agak berbeda dari biasanya karena berlangsung santai. Sementara pada Ramadan tahun lalu, Ngabuburit Online dikemas dengan Ngobrol Pintar.

Ketua panitia Ngabuburit Online, Siswandaru Kurniawan mengatakan, meskipun di saat kondisi sedang pandemi, UT Semarang tetap konsisten menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan, yang salah satunya berupa kegiatan Ngabuburit Online ini.

"Alasan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi mahasiswa agar terus belajar dan berprestasi, sehingga nama besar UT akan terus berkibar di masyarakat," katanya, dalam keterangannya, Selasa (11/5/2021).

Hadir sebagai narasumber dalam Ngabuburit Online tersebut yaitu Dwi Susanti, Zaenal Anafi, dan Rina Elsa Riskiana. Ketiganya masing-masing bekerja sebagai guru PAUD, karyawan roti yang sudah menasional, serta pemilik bimbingan belajar.

Ketiga narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan yang dihelat sejak siang hingga jelas berbuka puasa ini, merupakan mahasiswa UT Semarang yang sudah mengantongi banyak prestasi.

"UT Semarang sengaja menggandeng mahasiswa berprestasi untuk menjadi narasumber secara daring dan membagikan pengalamannya tentang prestasi yang telah mereka peroleh untuk memotivasi mahasiswa lainnya," paparnya.

Direktur UT Semarang, Barokah Widuroyekti mengatakan, kegiatan semacam ini sudah beberapa kali diselenggarakan di UT Semarang. Dengan modal respon yang begitu baik, Barokah pun akan mengemas acara serupa dengan narasumber yang lebih menarik.

"Narasumber kali ini sudah bagus dan memberikan inspirasi baru bagi mahasiswa. Ini jadi pijakan untuk melangkah ke arah yang lebih baik," tandasnya.

Dikatakannya, tantangan ke depan adalah menyiapkan mahasiswa yang sudah berkompetisi dengan dunia luar. Alasannya, dunia kerja yang sebenarnya adalah tantangan buat mahasiswa.

"Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan bagi mahasiswa UT yang mau berkompetisi agar menyampaikan informasinya kepada Kami. Kami akan siapkan bantuan dan bimbingan yang sesuai dan relevan dengan marwah UT sebagai institusi pendidikan," ucapnya.

Ngabuburit Online diakhiri dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Sutan Saribumi Pohan, dosen FKIP UT. Sutan mengambil tema Etika berhubungan dengan Allah melalui media Al Fatihah.

Dikatakannya, etika salat harus dijaga, misalnya ketika membaca AL Fatihah, seharusnya tidak buru-buru.

"Kadang kita masih mendengar sang imam membaca Al Fatihah dengan sangat cepat karena harus memburu jumlah rakaat tertentu. Ini harusnya tidak boleh," ulasnya. (Nal)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved