Breaking News:

Idul Fitri 1442 H

Shalat Idul Fitri, Masjid Raya Al-Falah Sragen Hanya Akan Tampung Separuh dari Kapasitas

Kapasitas jamaah ketika salat Idul Fitri sendiri hanya 50 persen dari kemampuan yang ada yakni sekitar 1.500 jamaah.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Ilustrasi shalat dengan protokol kesehatan 

Penulis : Mahfira Putri Maulani

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Kapasitas jamaah ketika salat Idul Fitri sendiri hanya 50 persen dari kemampuan yang ada yakni sekitar 1.500 jamaah. Guna memperluas kapasitas pihaknya akan menggunakan parkiran mobil untuk salat.

"Kapasitas masjid normalnya 3.000 jamaah, kau nanti paling 1.500. Serambi masjid sudah kita diberi kajang."

"Tempat parkir mobil akan disterilkan untuk tempat shalat juga," kata Direktur Pelaksana takmir Masjid Al Falah, Annas Sayyidina, Selasa (11/5/2021).

Annas menyampaikan setiap jamaah yang masuk akan dilakukan screening berupa penggunaan masker, cek suhu tubuh dan wajib menggunakan hand sanitizer.

Tidak Melaksanakan Salat Idul Fitri

Berbeda dengan tahun lalu, Masjid Raya Al-Falah Sragen tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri untuk umum. Salat hanya diikuti karyawan dan takmir masjid beserta keluarga.

Sedangkan tahun ini, Salat Idul Fitri diselenggarakan di Masjid Raya Al-Falah Sragen dan terbuka untuk umum. Annas mengaku seperti tahun-tahun sebelumnya, mayoritas jamaah merupakan warga Kecamatan Sragen.

Bahkan dari Kecamatan Karangmalang dan Kecamatan Sidoharjo. Dirinya juga memperbolehkan apabila ada jamaah dari kecamatan bahkan luar kota untuk mengikuti Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al-Falah Sragen.

"Tahun lalu kita kan tidak mengadakan untuk umum hanya intern karyawan dan takmir serta anggota keluarganya enggak ada 100 orang. Karena memang tidak diperbolehkan untuk umum."

"Tahun ini diperbolehkan untuk umum hanya kapasitas setengah saja. Kecamatan manapun dimungkinkan datang yang penting sesuai dengan protokol kesehatan," katanya.

Letak Masjid Raya Al-Falah Sragen yang berada di pinggir jalan Raya Sukowati diperkirakan akan membuat jalan dijaga ketata oleh Satlantas Polres Sragen.

Tidak hanya itu, Annas mengaku sudah meminta Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) untuk turut mengatur lalulintas.

"Pengaturan lalu lintas biasanya sudah otomatis dari Polres seperti salat Jumat kita dibantu dari kepolisian terlebih salat IdulFitri. Kami juga meminta teman-teman relawan kokam membantu untuk pengaturan lalu lintas," tandasnya. (uti)

Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved