Breaking News:

Berita Kendal

Syafar Harap Lapas Terbuka Kendal Tak Lelah Inovasi Keterampilan Napi

Kadivpas Kanwil Jateng Syafar Puji Rochmadi apresiasi penuh terobosan-terobosan baru Lapas Kendal.

Istimewa
Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Jawa Tengah, Syafar Puji Rochmadi bersama jajaran Lapas Terbuka Kendal menunjau tempat kolam budidaya ikan yang dikelola warga binaan, Minggu (16/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Jawa Tengah, Syafar Puji Rochmadi mengapresiasi penuh terobosan-terobosan baru yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal dalam memberikan pembinaan kepada para narapidana.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Jawa Tengah, Syafar Puji Rochmadi bersama jajaran Lapas Terbuka Kendal menunjau tempat kolam budidaya ikan yang dikelola warga binaan, Minggu (16/5/2021).
Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Jawa Tengah, Syafar Puji Rochmadi bersama jajaran Lapas Terbuka Kendal menunjau tempat kolam budidaya ikan yang dikelola warga binaan, Minggu (16/5/2021). (Istimewa)

Menurutnya, berbagai keterampilan seperti beternak dan bertani yang diberikan kepada para warga binaan Lapas Terbuka saat ini patut mendapat apresiasi.

Produksi yang dihasilkan para warga binaan sudah mulai terasa dan bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Mulai dari hasil tanaman, ikan budidaya, juga telur ayam bisa mencukupi kebutuhan lapas dan masyarakat sekitar.

Karena itu, perlu dilakukan inovasi agar melahirkan terobosan-terobosan baru yang bermanfaat untuk bekal warga binaan kembali ke lingkungan masyarakat.

"Potensi yang dimiliki Lapas Terbuka Kendal luar biasa. Kami harap terus ciptakan inovasi dan terobosan dalam pembinaan, berikan pelayanan dan fasilitas terbaik kepada warga binaan dan masyarakat. Dalam waktu dekat, kita akan tambah warga binaan untuk mendukung itu di Lapas Terbuka Kendal ini," terangnya, Minggu (16/5/2021).

Sementara itu, Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy mengatakan, perbaikan dan pembenahan kegiatan akan terus diupayakan untuk memberikan keterampilan terbaik bagi warga binaan yang ada. 

Dengan tambahan napi nantinya, ia berharap target-target pekerjaan yang telah disusun sebelumnya bisa terealisasi maksimal baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

"Kami sudah susun taget-target kegiatan yang ada di Lapas ini. Harapannya Lapas Terbuka Kendal akan jadi wajah Pemasyarakatan yang membanggakan dengan segudang keterampilan di dalamnya," ujar Rusdedy.

Kini, warga binaan di Lapas Terbuka Kendal sudah bisa menghasilkan telur dari ayam peternak yang diminati masyarakat. Selain itu, ada juga hasil panen jagung, sayuran, ikan air tawar, yang bisa dibeli oleh masyarakat Kendal dengan harga ekonomis. 

Dalam waktu dekat, warga binaan Lapas Bleder ini berencana mendirikan kafe kecil-kecilan dan rumah produksi pakan ternak dengan memanfaatkan hasil panen jagung sendiri. (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved