Breaking News:

Berita Semarang

Kebakaran di Klenteng Sam Poo Kong Sudah Padam

Kebakaran di Klenteng Sam Poo Kong sudah teratasi. Saat ini, kondisi klenteng sudah aman dan terkendali, Senin (17/5/2021) pagi.

budi susanto
Tim Damkar Kota Semarang melakukan pemadaman api yang membakar lelehan lilin di Komplek Klenteng Sampokong, Senin (17/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kebakaran di Klenteng Sam Poo Kong sudah teratasi. Saat ini, kondisi klenteng sudah aman dan terkendali, Senin (17/5/2021) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Manajer Operasional Sam Poo Kong, Anindita Rinaldie menjelaskan, kebakaran terjadi di tempat lilin. Ada empat buah lilin. Dua lilin besar dan dua lainnya lilin kecil. Lilin tersebut merupakan hasil donasi yang biasanya diganti setiap imlek.

Nahas, lilin yang kecil membakar plastik dan alas sehingga menyebabkan kebakaran.

"Kebetulan yang kecil membakar plastik dan alas sehingga menyebabkan kebakaran (lilin) di sebelahnya yang kebetulan cukup tinggi sekitar 2 meteran," terang Dita, sapaannya.

Dita melanjutkan, kejadian kebakaran terjadi pukul 6.30. Pihaknya berupaya memadamkan kobaran api menggunakan apar yang dimiliki namun api cukup besar sehingga langsung menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). 

"Pukul 7.15 sudah dapat dipadamkan oleh teman-teman damkar. Kami terima kasih atas respon petugas damkar, TNI Polri, lurah, dan Dinas Pariwisata," ucapnya.

Saat ini, kata dia, Sam Poo Kong kondusif dan dapat dikunjungi karena area yang terbakar hanya tempat lilin saja. Sedangkan area lainnya tidak terpengaruh adanya kejadian kebakaran.

Sementara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang langsung meninjau Klenteng Sam Poo Kong usai mendengar beredarnya kabar di media sosial kejadian kebakaran di klenteng tersebut.

"Karena beritanya di media sosial seperti itu, kami cek lokasi. Ini cuma tempat lilinnya yang terbakar. Karena aparnya tidak bisa mengatasi secara keseluruhan kemudian mengundang Damkar agar kejadian tidak merembet," jelas Kasi Destinasi Pariwisata, Karis. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved