Berita Kabupaten Tegal

Objek Wisata Guci Kembali Dibuka, Bupati Tegal Umi Azizah: Harus Menerapkan Prokes Secara Ketat

Sehingga baik pengelola wisata dan pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
Istimewa
suasana terkini di Objek wisata Guci Kabupaten Tegal, Senin (17/5/2021). Sempat ditutup sementara pada Minggu (16/5/2021) kemarin hari ini sudah kembali dibuka untuk umum. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Menanggapi penutupan sementara objek wisata Guci pada Minggu (16/5/2021) kemarin, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan bahwa hal tersebut sebagai upaya untuk menekan resiko berkerumunnya masyarakat di area wisata.

Sehingga baik pengelola wisata dan pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Jangan sampai, apa yang sudah diikhtiarkan oleh Pemkab Tegal terkait kesehatan dan ekonomi terkendala karena harus ditutup lagi dan lain sebagainya.

"Di Guci sejak Jumat dan Minggu kemarin jumlah pengunjung kan membludak, kami khawatir nanti ada klaster baru muncul. Sehingga saya langsung berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal untuk dilakukan pengetatan yaitu menutup sementara area wisata. Tapi hari ini sudah mulai buka lagi seperti biasa," jelas Umi, pada Tribunjateng.com, Senin (17/5/2021).

Umi menyebut, pada Minggu (16/5/2021) malam kemarin, perwakilan pedagang di objek wisata Guci langsung menemuinya di rumah dinas Bupati untuk membahas penutupan wisata.

Umi pun menegaskan, pihaknya tidak akan melakukan penutupan objek wisata, intinya protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat.

Karena Minggu kemarin pun sebetulnya tidak benar-benar ditutup total. Dalam artian ditutup karena mengantisipasi jumlah pengunjung di dalam area wisata. 

Sehingga dilakukan penyekatan oleh petugas di beberapa titik supaya tidak terjadi kepadatan kendaraan.

"Di area wisata juga diadakan rapid tes antigen, alhamdulillah dari 26 pengunjung yang dijadikan sampel hasilnya semua negatif. Maka saya kembali ingatkan, baik pengelola wisata ataupun pengunjung harus mematuhi prokes. Termasuk memperhatikan kapasitasnya jangan sampai melebihi dari yang sudah ditentukan," tegasnya.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, antisipasi terjadinya kerumunan dan lonjakan pengunjung di Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal, sekitar pukul 10.00 WIB wisata ditutup sementara dan pengunjung yang sudah terlanjur naik diminta untuk putar balik, Minggu (16/5/2021). 

Bahkan penyekatan pengunjung sudah dilakukan sejak di Yomani, pertigaan Tuwel, sampai di area wisata Guci.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, ormas Banser, dan lain-lain ikut mengamankan serta mengatur lalu lintas. 

Arus lalu lintas sendiri terpantau ramai lancar, namun setelah di depan gerbang masuk wisata kepadatan kendaraan terlihat.

Antrean mengular karena banyak sepeda motor dan mobil pribadi yang mengantre untuk masuk.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved