Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Rektor UMP : Proses Panjang Ramadhan Bisa Bawa Umat Islam menjadi Mukmin yang Semakin Baik

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Dr Jebul Suroso mengajak umat Islam untuk kembali dalam kemurnian j

Istimewa
Shalat Idul Fitri UMP Purwokerto 2021 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO -- Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Dr Jebul Suroso mengajak umat Islam untuk kembali dalam kemurnian jiwa dan fisik yang sehat setelah satu bulan menjalani ibadah puasa.

"Seperti butiran embun yang murni, cerahnya langit, dan sinarnya matahari yang tak terhalang, maka seperti inilah kita hari ini. Dengan rida Allah SWT, terlahirlah kembali diri kita dalam kemurniah jiwa dan fisik yang sehat, setelah lengkap sebulan lamanya kita menjalani ibadah puasa," katanya saat menyampaikan khutbah dalam Shalat Id di Lapangan Mas Mansoer, Kampus I UMP, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Banyumas, Kamis.

Ia mengharapkan proses panjang pembelajaran pada bulan Ramadhan bisa membawa umat Islam menjadi mukmin yang semakin baik, salah satunya dengan senantiasa berperilaku untuk bersegera menuju ampunan Allah SWT karena tidak ada manusia yang terbebas dari salah, maka minta ampunlah kepada Allah SWT.

Menurut dia, setiap yang minta ampunan setidaknya telah menjalankan tiga proses, yakni pertama, pengakuan diri yang tulus bahwa telah melakukan kesalahan sehingga melahirkan perasaan perlu untuk diampuni.

Proses kedua, ada tekad yang kuat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan yang ketiga berupa keinginan untuk menjadi lebih baik dan mendapat ampuan Allah SWT.

"Ingatlah bahwa Rasulullah beristigfar sehari tidak kurang dari 80 kali, doa yang diminta untuk kita panjatkan di malam lailatul qodar adalah doa minta ampunan. Setiap akan memohon kepada Allah, kita disunahkan untuk bersitigfar, dan saat Nabi Yunus berada di perut ikan, yang dia panjatkan adalah doa untuk diampuni," katanya.

Ia mengatakan dari situlah umat Islam akan mendapatkan pelajaran yang berharga, pentingnya untuk bersegera menuju ampunan Allah, yang seharusnya dilakukan setiap waktu.

"Karena sesunguhnya memohon ampunan Allah merupakan jalan kita untuk mendapat pertolongan dan rida Nya. Dalam skala individu, jika kita diampuni Allah maka pertolongan-Nya akan sampai kepada kita, dalam skala keluarga, masyarakat, dan bangsa juga demikian," katanya.

Dr Jebul Suroso, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Dr Jebul Suroso, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Istimewa)

Rektor mengatakan dalam kondisi bangsa yang sedang banyak terkena musibah, itu merupakan saat terbaik agar setiap individu dan segenap komponen bangsa untuk semakin medekat dan memohon ampunan Allah.

"Dengan demikian semoga senantiasa tercurah karunia untuk kita dan ditariklah musibah dari kita semua," katanya.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved