Breaking News:

120 Pemudik dan Santri yang Akan Balik Perantauan Sudah Jalani Tes Rapid Antigen

Sebanyak 120 pemudik dan santri yang akan balik ke tempat perantauan sudah menjalani tes rapid antigen.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Pemudik yang akan balik ke perantauan melakukan tes rapid antigen di Puskesmas Kedungwuni 1, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sebanyak 120 pemudik dan santri yang akan balik ke tempat perantauan sudah menjalani tes rapid antigen.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setyawan Dwiantoro saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (19/5/2021) sore.

"Tes rapid antigen untuk pemudik dan santri yang hendak ke perantauan sudah kita buka sejak Selasa (18/5/2021). Lokasi tes nya berada di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Pekalongan dan ini tesnya gratis," ungkap Kadinkes Kabupaten Pekalongan Setyawan.

Wawan panggilan akrabnya Kadinkes Kabupaten Pekalongan mengatakan, berdasarkan laporan dari setiap puskesmas hari ini sudah ada 120 orang yang melakukan tes rapid antigen.

"Kalau total keseluruhan pemudik yang melakukan tes rapid antigen belum direkap. Jadi untuk hari ini masih sekitar 120 an orang," katanya.

Kemudian, apabila ada pemudik yang hasilnya positif dari tes rapid antigen pihaknya akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan melakukan tes PCR.

"Jika ditemukan pemudik yang positif saat tes, kita akan informasikan ke desa dan yang bersangkutan harus isolasi mandiri serta di bawah pengawasan satgas Covid-19 desa," imbuhnya.

Selain itu juga, pemudik tersebut tidak boleh berpergian ke luar kota terlebih dahulu.

"Balik ke tempat perantauan di tunda dulu sambil menunggu tes selanjutnya negatif," ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada pemudik yang akan balik ke perantauan, untuk bisa memanfaatkan fasilitas pemerintah ini dengan ikut tes rapid antigen.

Karena bagaimanapun juga hasil dari tes ini akan disampaikan kepada yang berkepentingan.

"Jadi, pemudik yang tidak membawa surat rapid antigen, tidak bisa masuk ke tempat tujuannya. Harapannya, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas  (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved