Breaking News:

Era New Normal, Pembelian via Ecommerce Meningkat selama Ramadan dan Lebaran

Kenaikan pembelian melalui platform e-commerce itu seiring dengan kebijakan larangan mudik, dan penerapan aturan pembatasan sosial.

Editor: Vito
Belanja online/ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan mengatakan, selama Ramadan dan Lebaran tahun ini terjadi kenaikan pembelian produk dalam negeri.

Menurut dia, kenaikan pembelian di era kenormalan baru itu terutama terjadi melalui platform e-commerce, seiring dengan kebijakan larangan mudik, dan penerapan aturan pembatasan sosial.

“Jumlah pembelian di dalam negeri meningkat, ada kategori produk yang paling banyak dibeli seperti produk digital, fashion, kecantikan, perlengkapan rumah tangga, gadget, dan produk elektronik mengalami peningkatan," katanya, secara virtual, Rabu (19/5).

"Di era kenormalan baru, pola perdagangan bergeser di perdagangan berbasis sistem elektronik,” tambahnya.

Oke menuturkan, saat ini e-commerce menjadi satu pendorong pergerakan ekonomi di masa pandemi covid-19. Dengan adanya e-commerce, UMKM dapat menjangkau konsumen di berbagai penjuru.

“Ada kenormalan baru, e-commerce saat ini menjadi satu pendorong pergerakan ekonomi kita. Kami pastikan UMKM bisa memberikan peran utama pada industri perdagangan elektronik ini,” ujarnya.

Dengan potensi pertumbuhan e-commerce tersebut, pihaknya mendorong kolaborasi antara pemerintah dengan berbagai platform belanja online untuk mendukung berkembangnya potensi UMKM.

Di sisi lain, ia menilai dukungan dari e-commerce saat momen Ramadan dan Lebaran melalui tema-tema khusus seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI), merupakan hal positif sebagai upaya untuk membantu masyarakat dalam rangka menjalankan ibadah puasa dan Lebaran tetap hikmat dan tetap berkomunikasi.

“Saling kirim manfaat saat Lebaran itu juga merupakan hal positif yang berkembang. Segera besok akan kami lakukan pertemuan untuk memastikan pencapaian dalam pedagangan e-commerce ini," paparnya.

"Ini merupakan era baru dan merupakan budaya baru,” tandasnya. (Kompas.com/Kiki Safitri)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved