Breaking News:

Pembelian via Ecommerce Meningkat, 100 Ribu Produk Terjual dalam 1 Jam di Tokopedia

Tokopedia mencatat minat masyarakat untuk melakukan belanja online semakin meningkat.

Editor: Vito
Dok. Tokopedia
Tokopedia 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Selama Ramadan dan Lebaran tahun ini terjadi kenaikan pembelian produk dalam negeri melalui platform e-commerce, seiring dengan kebijakan larangan mudik, dan penerapan aturan pembatasan sosial.

Tokopedia mencatat minat masyarakat untuk melakukan belanja online semakin meningkat.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan selama masa Ramadan dan Lebaran, Tokopedia juga mencatat antusiasme masyarakat untuk berbagi lewat aplikasi digital.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menuturkan, dari sisi produk yang diminati, tercatat ada tiga kategori yang paling populer, yakni perabotan dan perlengkapan rumah tangga, kesehatan dan perawatan tubuh, serta produk fashion.

“Khusus untuk kategori fashion muslim, transaksinya meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan dengan rata-rata bulanan di 2021,” katanya, secara tertulis, kepada Kontan, Rabu (19/5).

"Transaksi parsel melonjak lebih dari tiga kali lipat selama kampanye ‘Parsel Ramadan’ Tokopedia berlangsung," tambahnya.

Secara umum, Ekhel menyatakan, lebih dari 100.000 produk berbeda terjual dalam 1 jam lewat Tokopedia selama Ramadan.

“Data internal kami menyebutkan bahwa pengiriman Same-day atau Instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan," jelasnya.

Dia menambahkan, Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam.

Ekhel memberikan gambaran, satu pegiat usaha makanan halal, Rendang Den Lapeh, mencatat peningkatan transaksi hampir enam kali lipat selama Ramadan 2021 dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Tokopedia juga melakukan kolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Selama Ramadan 2021, Ekhel mengungkapkan, antusiasme masyarakat dalam berbagi dari rumah terus meningkat. Terlihat dari jumlah Zakat, Donasi, dan Wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp 13 miliar.

Untuk mendukung kemudahan ibadah, masyarakat juga bisa menggunakan fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat di Tokopedia Salam.

“Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12kali lipat, sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35 kali lipat,” terang Ekhel. (Kontan.co.id/Ridwan Nanda Mulyana)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved