Breaking News:

UKSW Salatiga

Peneliti UKSW Kembangkan Sistem Informasi Terintegrasi Untuk Koperasi di Salatiga

Banyak koperasi pada akhirnya berstatus non aktif karena tidak mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik dan tidak berhasil menyelenggarakan Rapat

ist
Peneliti UKSW Kembangkan Sistem Informasi Terintegrasi Untuk Koperasi di Salatiga 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah koperasi terbanyak di dunia.

Kondisi ini tentu memiliki dampak positif untuk mendukung perkembangan ekonomi nasional.

Meskipun demikian berbagai masalah masih ditemukan dalam perkembangannya.

Hal tersebut dikatakan oleh salah seorang peneliti dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Dr. Teguh Wahyono, S.Kom, M.Cs.

Dia menyebut, salah satu kendala yang dialami oleh koperasi yaitu kesulitan dalam penyusunan laporan sesuai dengan standar yang berlaku.

“Banyak koperasi pada akhirnya berstatus non aktif karena tidak mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik dan tidak berhasil menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan secara rutin. Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan adanya pandemi Covid-19 yang telah mengakibatkan melemahnya ekonomi nasional dan global dan tentunya berdampak negatif bagi pertumbuhan koperasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dr. Teguh Wahyono menyebutkan bahwa berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, terdapat 1.785 Koperasi dan 163.713 UMKM terdampak pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, pihaknya terdorong untuk melakukan penelitian yang bertujuan membantu koperasi dalam penyusunan laporan keuangan secara digital dengan mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi.

Dr. Teguh Wahyono mengatakan penelitian tersebut dilakukan bersama sejumlah peneliti lainnya dengan hibah pendanaan dari Direktorat Jenderal Penddikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2021.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) yang mengusung tema “Pengembangan Model Pelaporan Keuangan Terintegrasi Berbasis Mobile Untuk Koperasi Menuju Era Koperasi Digital Pasca Pandemi Covid-19”.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved