Breaking News:

Berita Karanganyar

Rilis Surat Edaran Penggalangan Dana untuk Palestina, Bupati Karanganyar: Kalau Mau Bantu, Monggo

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengeluarkan surat edaran penggalangan dana untuk masyarakat Palestina. Menuai beragam komentar.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Karangan bunga serta MMT berisi tulisan dukungan bagi Bupati Karanganyar, Juliyatmono atas kebijakannya mengeluarkan surat edaran penggalangan dana bagi Palestina menghiasi Kantor Setda Karanganyar, Rabu (19/5/2021). 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Langkah dari Bupati Karanganyar, Juliyatmono dengan mengeluarkan surat edaran aksi kemanusiaan menggalang dana untuk membantu meringankan beban masyarakat Palestina mendapat dukungan dari aliansi umat islam. 

Belasan orang yang mengatasnamakan Aliansi Umat Islam Karanganyar serta Yayasan Al-Huda Surakarta terlihat mendatangi Halaman Kantor Setda Karanganyar pada Rabu (19/5/2021) siang.

Dalam kesempatan itu mereka menyatakan sikap mendukung orang nomor satu di jajaran Pemkab Karanganyar itu atas langkah yang telah diambil dengan mengeluarkan surat edaran perihal ajakan donasi bagi masyarakat palestina. 

"Saya mewakili teman-teman ini dari Yayasan Al Huda Karanganyar. Langkah Juliyatmono selaku Bupati Karanganyar untuk mengeluarkan surat edaran tersebut sudah sesuai dengan tugas dan kewenangan beliau. Jadi tidak ada yang salah dengan surat edaran tersebut," kata Perwakilan dari Yayasan Al-Huda Surakarta Divisi LBH, Heri Dwi Utomo kepada Tribunjateng.com. 

Mereka mendukung apapun langkah yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah untuk menggalang dana untuk ikut membantu meringankan warga Palestina.

Lanjut Heri, Yayasan Al Huda juga telah melakukan doa bersama dan penggalangan dana melalui berbagai divisi baik dari Surakarta, Karanganyar, Sragen dan Klaten untuk ikut membantu masyarakat Palestina. Dana yang telah dikumpulkan tersebut nantinya akan diserahkan ke badan kemanusiaan resmi.

Baca juga: Pengakuan Shandi Anak Bunuh Ayah Kandung di Semarang: Bapak Kondisi Mabuk Lalu Serang Saya

Baca juga: Menyasar Sepeda Motor yang Terparkir di Pinggir Sawah, Tersangka Berhasil Mencuri Dua Kendaraan.

Baca juga: Video Niat Pemerkosa Digagalkan Korban yang Minta Tolong di Grup WA

"Kami sangat mengapresiasi sekali, baru ada Bupati di Soloraya yang berani mengeluarkan surat edaran yang memerintah seluruh instansi (internal) mengeluarkan donasi untuk Palestina," ucapnya. 

Ditemui sebelumnya usai Rapat Paripurna di DPRD Karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, surat edaran perihal aksi kemanusiaan tersebut tidak memiliki kekuatan hukum. 

"Negara ini demokratis. Berbagai sudut pandang itu wajar. Substansinya kan lebih kepada menggugah rasa kemanusiaan untuk membantu siapapun," ungkapnya. 

Penggalangan dana yang telah terkumpul dari instansi internal Pemkab Karanganyar itu nantinya akan diserahkan ke PMI untuk kemudian disalurkan ke Palestina. Penggalangan dana akan berakhir pada Selasa (25/5/2021).

Dia menuturkan, surat edaran yang telah dikeluarkan kaitannya penggalangan dana bagi Palestina tersebut sifatnya imbauan, tidak mengikat dan tidak punya kekuatan hukum. 

"Mau memberi monggo, tidak ya monggo," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved