Breaking News:

Berita Semarang

Bakal Keren, DPU Kota Semarang Bangun Trotoar dengan Konsep Smart Pedestrian

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang berupay membangun jalur pedestrian yang tidak hanya buat jalan, tapi bisa untuk istirahat, tempat diskusi.

Tribun Jateng/ Eka Yulianti
Sejumlah pekerja tengah membersihkan saluran di Jalan Depok. Nantinya, jalur pedestrian Depok akan dijadikan smart pedestrian mendukung Semarang sebagai Smart City. 

Penulis: Eka Yulianti Fajlin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang selalu berupaya menjadikan kota yang dijuluki Lunpia ini semakin menawan.

Satu diantaranya melalui pembangunan jalur pedestrian.

Kepala DPU Kota Semarang, Sih Rianung mengatakan, jalur pejalan kaki ke depan akan dikonsep sebagai smart pedestrian guna mendukung Semarang sebagai smart city. Artinya, trotoar tidak hanya layak bagi masyarakat melainkan juga berkualitas.

Layak dalam hal ini memuat layak bagi seluruh lapisan masyarakat baik anak-anak, difabel, dan lansia. Sedangkan dari sisi kualitas, jalur pejalan kaki harus ditata sebaik mungkin.

Dia ingin jalur pejalan kaki tidak hanya berfungsi untuk berjalan namun bisa sebagai ruang publik dimana masyarakat bisa beristirahat.

"Kami ingin jalur pedestrian sudah ke arah milenial yakni smart pedestrian. Tidak hanya buat jalan, bisa untuk istirahat, tempat diskusi," ujar Rianung, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Pengunjung Membeludak, Wisata Mbalong Sangkalputung Ditutup Sementara oleh Satgas Covid

Baca juga: Jual Rumah Baru - Bekas dan Tanah Murah Semarang Kamis 20 Mei 2021

Baca juga: Mulai 20 Mei 2021, Layanan Tes GeNose Hadir di Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes

Baca juga: Meski Pandemi, Investree Terus Bertumbuh dan Mengakselerasi UKM di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Jalur pejalan kali berkonsep smart pedestrian, lanjut Rianung, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Guna menciptakan kenyamanan, jalur pedestrian harus teduh. Pihaknya bakal melengkapi sejumlah bangku di beberapa titik beserta fasilitas stop kontak. Free wifi atau jaringan internet gratis juga menjadi konsep dalam smart pedestrian.

"Jadi, bisa digunakan rekan-rekan milenial untuk bertransaksi di dubua elektronik. Wifi gratis bisa diupayakan. Kami bisa komunikasi dengan Kominfo," terangnya.

Rencananya, Rianung akan menjadikan jalur pejalan kaki di Jalan Depok sebagai pilot project atau percontohan smart pedestrian di Kota Semarang.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved