Breaking News:

Harga Bitcoin

Harga Bitcoin Anjlok Pagi Ini, Berikut Penyebabnya

Harga Bitcoin melemah pada sesi perdagangan Kamis (20/5/2021) pagi. Mengacu kepada data dari Coinmarketcap, pada pukul 08.20 WIB, harga Bitcoin melem

www.fendy.web.id
HARGA BITCOIN 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Harga Bitcoin melemah pada sesi perdagangan Kamis (20/5/2021) pagi.

Mengacu kepada data dari Coinmarketcap, pada pukul 08.20 WIB, harga Bitcoin melemah 13,6 persen dalam kurun waktu 24 jam ke level 35.920 dollar AS atau setara Rp 513,6 juta (asumsi kurs Rp 14.300).

Pada sesi perdagangan Rabu (19/5/2021) pukul 08.20 WIB, harga Bitcoin berada di level 41.596 dollar AS atau setara Rp 594,8 juta.

Dengan demikian, dalam kurun waktu 1 hari harga aset kripto dengan valuasi terbesar itu telah merosot sekitar Rp 81,2 juta.

Dilansir dari CNN, langkah dari grup industri keuangan China yang memutuskan untuk melarang perdagangan mata uang kripto menjadi penyebab utama Bitcoin melemah.

Grup industri keuangan China tersebut melarang lembaga keuangan hingga perusahaan pembayaran untuk menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi cryptocurrency.

Para investor pun diperingatkan untuk tidak melakukan perdagangan spekulatif terhadap mata uang kripto.

"Baru-baru ini, harga mata uang kripto telah meroket dan anjlok, dan perdagangan spekulatif mata uang kripto telah pulih. Ini secara serius melanggar keamanan properti, mengganggu tatanan ekonomi, dan keuangan secara normal," kata 3 grup industri keuangan dalam pernyataan bersama.

Tiga grup industri keuangan yang dimaksud, antara lain Asosiasi Keuangan Internet Nasional China, Asosiasi Perbankan China, dan Asosiasi Pembayaran dan Kliring China.

Dengan demikian, lembaga keuangan termasuk bank, saluran pembayaran online, tidak boleh menawarkan layanan apapun yang melibatkan mata uang kripto seperti bitcoin dan sebagainya, mulai dari pendaftaran, perdagangan, kliring, dan settlement.

Larangan ini menjadi yang kedua kali sejak tahun 2017 lalu.

Pada tahun ini, grup industri keuangan melarang lembaga keuangan untuk menerima atau menggunakan mata uang kripto dalam pembayaran atau penyelesaian, pengembangan layanan penukaran mata uang digital, dan penawaran layanan kepada klien.(*

Berita terkait harga bitcoin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Penyebab Harga Bitcoin Anjlok Rp 81,2 Juta dalam Sehari"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved