Breaking News:

Berita Video

Video Polisi Sita Ratusan Balon Udara dan Mercon di Pekalongan

Polres Pekalongan Kota menyita 161 balon udara dan 550 petasan beberapa ukuran dari masyarakat

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Berikut ini video polisi sita ratusan balon udara dan mercon di Pekalongan.

Polres Pekalongan Kota menyita 161 balon udara dan 550 petasan beberapa ukuran dari masyarakat.

Balon udara dan petasan tersebut sedianya dipersiapkan untuk merayakan tradisi Syawalan, Kamis (20/5/2021).

Kapolres Pekalongan Kota AKBP M Irwan Susanto mengatakan, menerbangkan balon udara secara liar merupakan salah satu pelanggaran tentang penerbangan sesuai dengan pasal 1 undang-undang darurat republik Indonesia nomor 12 tahun 1951 Jo pasal 421 ayat (2) UU RI nomor 1 tahun 2009.

"Ratusan balon udara dan petasan yang disita saat perayaan syawalan."

"Sebelumnya kita sejak awal, sudah berusaha mengantisipasi adanya masyarakat yang akan menerbangkan balon udara dan menyalakan petasan. Oleh karena itu, pada hari ini kami berhasil menyita ratusan balon udara yang akan disiapkan diterbangkan," kata Kapolres Pekalongan Kota Kapolres Pekalongan Kota AKBP M Irwan Susanto kepada Tribunjateng.com, siang.

Menurutnya ratusan petasan dan balon udara yang disita tersebut, tujuannya untuk menindak lanjuti surat edaran dari Wali Kota Pekalongan terkait larangan menerbangkan balon udara.

"Alhamdulillah, tadi bersama dengan TNI, polsek, Satreskrim, dan forkopimcam mengamankan ratusan petasan dan balon."

"Kami juga menyita 28 tungku untuk balon udara, bubuk petasan 5.3 kg, selongsong petasan 82 buah, dan sumbu petasan sebanyak 154 helai," ujarnya.

Kapolres mengungkapkan, ratusan barang bukti yang berhasil disita itu, diantaranya atas informasi dari masyarakat dan sebagian lainnya atas kegiatan pendalaman serta pencarian informasi di lapangan.

AKBP M Irwan berterimakasih kepada masyarakat Kota Pekalongan yang dinilai sangat bagus dalam bekerjasama memberikan informasi mengenai potensi keberadaan balon udara dan petasan.

"Sehingga, hal itu memudahkan jajaran kepolisian dalam mengumpulkan dan menyita barang bukti yang membahayakan bagi penerbangan, lingkungan, dan keselamatan jiwa," tambahnya. (Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE:

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved