Breaking News:

Festival Joglosemar

BI Jateng Sukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Melalui Festival Joglosemar

Bank Indonesia (BI) Jateng menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dalam acara Festival Joglosemar “Artisan Of Java

Istimewa
Pelaksanaan acara Festival Joglosemar “Artisan Of Java”, yang diadakan di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis, (20/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Indonesia (BI) Jateng menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dalam acara Festival Joglosemar “Artisan Of Java”, yang digelar di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jateng, pada Kamis (20/5).

Kepala BI Jateng, Pribadi Santoso mengatakan, acara ini merupakan rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (GBWI) yang telah dilaksanakan di beberapa destinasi utama wisata Indonesia seperti Toba, Medan, dan Mandalika, Lombok.

"Dengan mengusung tema Festival Joglosemar “Artisan of Java”, Bank Indonesia bersinergi dan berkolaborasi dengan beberapa kementerian dan pemerintah daerah untuk memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi Jateng dari aspek pariwisata dan UMKM, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN),” katanya, Kamis (20/5).

Dalam kegiatan itu terdapat sebanyak 45 UMKM hasil kurasi yang turut hadir dan memeriahkan opening ceremony Festival Joglosemar, yang dilangsungkan di Plataran Candi Borobudur.

Pribadi menuturkan, terdapat sekitar 200 bentuk kegiatan Festival Joglosemar, antara lain onboarding UMKM, capacity building, webinar series, serta promosi produk UMKM.

Pelaksanaan kegiatan itu antara lain bertujuan untuk mendorong peningkatan national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan peran aktif pemerintah daerah, dan mendorong demand terhadap produk berkualitas tinggi serta berkualitas ekspor dari para artisan Jawa Tengah,” terangnya.

Tak hanya berlangsung di Plataran Candi Borobudur, kegiatan promosi pameran UMKM Festival Joglosemar juga dilakukan di beberapa lokasi strategis lain dengan menggandeng ratusan UMKM binaan BI, antara lain di Suntec City Mall Singapura, Mall Puri Indah Jakarta, Gallery UMKM Gedung Heritage BI DIY, Mall Kota Kasablanka Jakarta, serta dilangsungkan secara online melalui website www.festivaljoglosemar.com.

“Festival Joglosemar ini juga merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Oleh karenanya, Bank Indonesia memberikan dukungan penuh untuk terciptanya optimalisasi sistem pembayaran digital melalui Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dan menjadi bagian dalam kampanye penggunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM),” jelasnya.

Pribadi menyatakan, hingga April 2021 sebanyak 615.887 merchant di Jateng telah bertransformasi dalam sistem pembayaran yang unggul dengan menggunakan QRIS.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved