Breaking News:

Berita Banyumas

Dinsospermades Banyumas Bentuk Forum Jaga Stunting Banyumas, Dua Kecamatan Dijadikan Pilot Project

Untuk mempermudah koordinasi dan sosialisasi maka akan dibentuk Forum Jatingmas yaitu forum Jaga Stunting Banyumas

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: muslimah
Istimewa
Rapat koordinasi pembentukan, Forum Jaga Stunting Banyumas di aula Dinsospermades Banyumas, pada Jumat (21/5/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS - Stunting sudah merupakan isu nasional dan setiap daerah kabupaten atau kota wajib mempunyai tim penanggulangan. 

Di Kabupaten Banyumas ada 6 organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani stunting yaitu Dinkes, Dindik, Dinperkim, DPPKBP3A, Dinpertan KP dan Dinsospermasdes dengan 1 koordinator yaitu Bappedalitbang. 

Kasi Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan Desa, Dinamika Asasi Pancasilani mengatakan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermasdes) sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya menangani masalah stunting di desa. 

"Maka untuk kegiatan penanganan stunting lebih difokuskan pada penguatan peran kader Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam upaya penurunan stunting di desa dengan dikoordinir tingkat Kecamatan," ujar Dina kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis Jumat (21/05/2021).

Untuk mempermudah koordinasi dan sosialisasi maka akan dibentuk Forum Jatingmas yaitu forum Jaga Stunting Banyumas

Mengingat program ini baru maka baru akan dilakukan di dua kecamatan sebagai Pilot Project yaitu Kecamatan Cilongok dan Ajibarang.

Kecamatan Cilongok dan Kecamatan Ajibarang menjadi Kecamatan Pilot Project berdasarkan beberapa parameter. 

Antara lain Kecamatan Cilongok dan Ajibarang terdapat beberapa desa lokus intervensi stunting tahun 2021 dan 2022, dan merupakan representasi kecamatan dengan jumlah desa cukup banyak. 

Jika program ini berhasil diharapkan dapat meningkatkan motivasi kecamatan lainnya dalam upaya penurunan stunting. 

Dina menambahkan tujuan pembentukan forum Jatingmas Tingkat Kecamatan adalah memudahkan koordinasi tugas Para Kader Lembaga Kemasyarakatan Desa yang terkait penanganan stunting. 

Meningkatkan motivasi para Kader sehingga pergantian personel dapat dihindari serta meminimalisir overlapping tugas di lapangan antar para Kader Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Melalui forum ini diharapkan sedikit banyak membantu upaya penurunan stunting di Kabupaten Banyumas.

Walaupun bukan di ranah kesehatan atau langsung ke sasaran berupa balita stunting melainkan para kader LKD yang selama ini berperan dalam advokasi stunting di desa dengan difasilitasi kecamatan. (Tribunbanyumas/jti) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved